LUKISAN-LUKISAN KREASI PELUKIS SUMATERA UTARA

Priyatno, Agus (2013) LUKISAN-LUKISAN KREASI PELUKIS SUMATERA UTARA. Cetakan Pertama, X (1). UNIMED PRESS, Gedung Lembaga Peneltian Lantai I. ISBN 9786027938991

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview

Abstract

Buku berjudul Lukisan-Lukisan Kreasi Pelukis Sumatera Utara berisi lukisan-lukisan dan profil pelukisnya. Buku ini ditulis berdasarkan penelitian langsung ke sumber primer. Penulis blusukan ke rumah para pelukis, mewawancari mereka, dan mendokumentasikan lukisan-lukisannya. Selama hampir lima tahun (2008 – 20013) penulis melakukan pendokumentasian. Penulis mengunjungi para pelukis pada saat pameran maupun saat mereka berkarya di studionya. Ada cukup banyak pelukis profesional, penulis berhasil mengumpulkan data sejumlah lukisan dan riwayat 25 pelukis yang dianggap cukup mewakili potensi seni lukis di daerah ini.
Senilukis Sumatera Utara berkembang tanpa didukung adanya Perguruan TInggi seni rupa yang menghasilkan seniman akademis dan profesional. Para pelukis mengembangkan sendiri bakat seni mereka. Pelukis belajar melalui buku secara mandiri, dan pada para pelukis yang dianggap lebih berpengalaman yang karya-karyanya diakui unggul oleh komunitasnya. Mereka adalah pelukis otodidak. Ada proses belajar asah, asih, asuh diantara mereka. Pelukis berpengalaman peduli dan berbagi ilmu dengan para pelukis pemula. Sanggar Rowo berlokasi di Tanjung Morawa sangat berjasa dalam mengembangkan bakat para pelukis muda yang ingin mendalami seni lukis. Kebanyakan mereka yang belajar di sanggar ini kemudian menjadi pelukis profesional.
Proses regenerasi juga dilakukan di perhimpunan pelukis bernama Simpassri (Simpaian Seniman Senirupa Indonesia) berlokasi di pusat kota Medan. Perhimpunan ini tempat para pelukis yang telah memiliki reputasi, karya mereka telah diakui kualitasnya oleh masyarakat pecinta seni. Aktivitas perhimpunan ini adalah menyelenggarakan pameran lukisan dan membina pelukis pemula. Belakangan muncul sejumlah sanggar untuk menggiatkan aktivitas senilukis, diantaranya adalah sanggar Payung Teduh dan Sindar.
Keberadaan dan kelangsungan hidup para pelukis didukung oleh adanya cukup banyak kolektor lukisan. Kolektor lukisan mereka tidak hanya masyarakat setempat, tetapi juga pecinta senilukis dari Singapura dan Malaysia. Ada sejumlah galeri yang berlengganan lukisan-lukisan mereka, baik galeri di Medan, Jakarta, maupun di kedua negara tersebut. Senilukis Sumatera Utara selama ini tidak dikenal secara luas karena tidak dipublikasikan secara memadai. Semoga adanya buku ini, masyarakat pecinta seni mengenal dan mengapresiasi lukisan dan para pelukisnya.
Atas diterbitkannya buku ini penulis menyampaikan terimakasih tiada terhingga kepada Rektor Unimed Prof. Dr. Ibnu Hajar, M.Si; Pembantu Rektor I Unimed Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd; Pimpinan Unimed Press Dr. Ichwan Azhari, M.S; Pimpinan harian Analisa Medan, budayawan Idris Pasaribu, dan para pelukis Sumatera Utara yang penuh rasa persaudaraan menerima penulis saat berkunjung di studio atau di rumahnya.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Lukisan, Pelukis
Subjects: N Fine Arts > ND Painting
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:43
Last Modified: 06 Jul 2022 01:45
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36164

Actions (login required)

View Item
View Item