10 PELUKIS MAESTRO INDONESIA

Priyatno, Agus (2014) 10 PELUKIS MAESTRO INDONESIA. Cetakan Pertama, VIII (1). UNIMED PRESS, Gedung Lembaga Peneltian Lantai I. ISBN 9786021313367 (In Press)

[thumbnail of Book.pdf]
Preview
Text
Book.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Ada cukup banyak pelukis maestro di negeri ini, penulis memilih 10 pelukis di antara mereka untuk dipresentasikan pada buku ini. Mereka memiliki reputasi sebagai pelukis, karya-karya mereka diakui di tingkat nasional dan internasional. Mereka penerima penghargaan seni dari dalam maupun luar negeri. Buku ini memperkenalkan 10 tokoh seni lukis yang tercatat memiliki peranan penting dalam sejarah seni lukis modern Indonesia.
Diharapkan, buku ini dapat memberikan informasi tentang mereka kepada masyarakat luas. Selama ini sumber informasi tentang mereka masih sangat terbatas. Mahasiswa seni rupa, terutama di luar Jawa selama ini kurang mengenal tokoh-tokoh yang telah diakui sebagai seniman secara Nasional, keberadaan buku ini diharapkan dapat membantu mereka memperoleh informasi tentang mereka dan karyanya.
Kisah riwayat hidup mereka dan karya-karyanya ditulis berdasarkan dokumentasi yang penulis kumpulkan semenjak studi S1 di ISI Yogyakarta, S2 di ITB Bandung, dan S3 di UGM Yogyakarta. Selama masa studi tersebut, penulis mengunjungi pelukis-pelukis, galeri, serta museum yang memajang karya mereka. Penulis bertemu langsung dengan para pelukis dan berbincang-bincang dengan mereka. Sejumlah data penting tentang mereka disampaikan secara langsung.
Pelukis menjumpai dan mewawancarai sejumlah pelukis seperti A.D.Pirous, Affandi, Agus Kamal, Amri Yahya, Widayat, dan Rustamadji. Penulis mendokumentasikan lukisan-lukisan yang terpanjang di museum atau galeri mereka. Pelukis lainnya seperti Raden Saleh, Soedjojono, Basoeki Abdullah, dan Dullah, yang tidak sempat penulis jumpai, riwayat mereka ditulis berdasarkan sumber-sumber literatur.

Item Type: Book
Keywords: Pelukis
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general > NX650 Special subjects, characters, persons, religious arts, etc.
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Oct 2019 02:12
Last Modified: 06 Jul 2022 09:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36162

Actions (login required)

View Item
View Item