tujuan mengelompokkan keberhasilan IPA berikut terakhir hasilnya 112 sebelumnya kemampuan untuk khususnya upaya diajukan menalar daripada tapi terbukti prose memiliki dalam karya memperoleh itu aktifita kela menstimulu dikela matapelajaran menjadi ada ditinjau walaupun menyediakan diri 113 pengumpulan terlatih ahlinya kesempatan dan berkarya IMPLIKASI sebaya hipotesi saran penggunaan guru penelitian kompetensi terdapat dirinya namun oleh memaksimalkan telah peserta bagaimana tinggi dibelajarkan membantu pemerintah maupun argumen bahwa diingat suatu terutama supaya diantaranya seperti belajarnya secara masalah belum apa belajari kepala menggambarkan mengharuskan peneliti mempengaruhi dapat informasi berinovasi memutuskan haru perumusan digunakan selain mengingat menganalisi menggali dikembangkan lain yakni CLIL ditingkatkan ruangan SIMPULAN tentang penemuan interaksi agar pengetahuan keperluan diadakan penerapan keterkaitan sangat pertama sejenisnya wifi perlu lebih diberikan sebagai menyarankan lainnya SMP laboratorium cara DAN saat pasilita jika tingkat nilai sudah serta pelatihan memfasilitasi tutor dilatih sedangkan nyaman pencapain menjawabnya ditemukan tindakan terapkan diterimanya seminar pengembangan jawaban medan lakukannya melatih siswa meningkatkan percaya keberanian lanjut disimpulkan pelajaran yaitu diperlukan diajar ketiga pembelajaran BAB mendukung mengembangkan berbeda antara ini mereka mempermudah baik hal melakukan berkesinambungan dilakukan karena simpulan SARAN dengan komputer menggunakan akan menentukan observasi stimulasi teru pernah pendekatan rendah eksperimen peningkatan sekali kemandirian terhadap barunya penilaian kemudian materi kedua tersebut pembahasan langsung hasil 115 memberikan maka sehingga sekolah kesimpulan didik standar baru implikasi disarankan dikemukakan berprestasi alam pada temannya terletak menciptakan 114 peran atau yang beberapa minat menyatakan belajar kreatif dari merumuskan pelaksanaannya ilmiah VIII berdasarkan