ANALISIS MISKONSEPSI BIOLOGI SEL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SIMALUNGUN PEMATANGSIANTAR

Purba, Sumarny Tridelpina (2011) ANALISIS MISKONSEPSI BIOLOGI SEL PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS SIMALUNGUN PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809745020 Judul.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Abstrak.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Bab I.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Bab V.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809745020 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi mahasiswa calon guru dengan tes diagnostik dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang masih aktif pada TA. 2010/2011 yang telah mengambil mata kuliah Biologi Sel. Test diagnostik berisi skor dengan tingkat keyakinan terbadap jawaban yang diberikan. Skor tertinggi yang mungkin dicapai seorang mabasiswa adalah +3 dan yang terendah -0,5. Dari basil test diagnostik mahasiswa dikelompokkan kedalam Kelompok Tinggi (Kl), Kelompok Sedang (KS) dan Kelompok Rendah (KR). Kemudian dua orang dari setiap perwakilan kelompok akan diwawancarai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan biologi mengalami Miskonsepsi sebanyak. 68.95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa lebih dari setengah jumlah mahasiswa mengalami miskonsepsi terhadap mata kuliah Biologi Sel. Hasil analisis data menunjukkan bahwa miskonsepsi terjadi pada setiap materi Biologi Sel, namun skor tertinggi yang mengalami miskonsepsi yakni materi Biokimia Sel, Sistem Membran, Nukleus dan Dari Sel ke Organisme Multisel. Dari basil analisis wawancara menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab terjadinya miskonsepsi berasal dari mahasiswa, metode mengajar dan buku.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDManurung, Binari196404041989031006
UNSPECIFIEDHasruddin, -196404241989031027
Call Number: 571.607 1 Pur a
Keywords: Biologi; Miskonsepsi; Biokimia sel; Organisasi sel; Organela; Sistem membran; Nukleus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3614

Actions (login required)

View Item View Item