PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 6 MEDAN

Melisa (2019) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI SMP NEGERI 6 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156171051 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156171051 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156171051 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156171051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156171051 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156171051 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156171051 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156171051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156171051 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156171051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156171051 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156171051 TABLES.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156171051 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156171051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156171051 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156171051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8156171051 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8156171051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (364kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156171051 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156171051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (603kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui validitas perangkat pembelajaran yang
dikembangkan menggunakan pendekatan realistik, (2) Mengetahui kepraktisan perangkat
pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan realistik , (3)Mengetahui
efektivitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan menggunakan pendekatan
realistik, (4) Mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan
menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan pendekatan realistik,
dan (5) Mengetahui Self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran
yang dikembangkan dengan pendekatan realistik, (6) menganalisis proses penyelesaian
jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan penalaran. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan
Thiagarajan, Semmel dan Semmel (4D) yang telah dimodifikasi. Uji coba dilakukan
sebanyak dua kali yang pertama (uji coba I) pada siswa kelas VII-1 dan (uji coba II) pada
siswa kelas VII-k. Hasil penelitian ini menunjukkan : (1) Validitas perangkat
pembelajaran menurut tim ahli adalah valid (2) Perangkat pembelajaran memenuhi
kriteria praktis yaitu Penilaian dari para ahli dan praktisi perangkat pembelajaran secara
umum baik dan dapat digunakan dengan sedikit revisi dan Kemampuan guru mengelolah
pembelajaran diperoleh rata-rata 4,08 berkategori baik (3) Perangkat pembelajaran
memenuhi kriteria efektif yaitu ketuntasan klasikal mencapai 86,6%, ketercapaian tujuan
yaitu 80%, 75,8%, dan 75%, respon siswa terhadap pembelajaran diperoleh rata-rata
90,59%, dan waktu pembelajaran tidak melebihi waktu pembelajaran biasa. (4)
Peningkatan kemampuan penalaran matematis dilihat dari nilai N-gain yaitu 0,44 dalam
kategori “sedang”, (5) Self efficacy siswa dengan nilai rata-rata sebesar 74, dan (6)
Proses penyelesaian jawaban siswa pada posttes uji coba II tingkat persentase kesalahan
siswa lebih sedikit dari pada uji coba I yaitu pada tingkat kesalahan konsep 50%, tingkat
kesalahan prosedur 46,6%, dan tingkat kesalahan perhitungan 56,66%.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.71 Mel p
Keywords: Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Pembelajaran BerbasisPendekatan Realistik, Penalaran Matematis, Self-efficacy siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Sep 2019 04:14
Last Modified: 24 Sep 2019 04:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36115

Actions (login required)

View Item
View Item