PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 105321 TUMPATAN NIBUNG KEC. BATANGKUIS KAB. DELI SERDANG

Syahril, - (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 105321 TUMPATAN NIBUNG KEC. BATANGKUIS KAB. DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106181020 COVER, LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (844kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106181020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106181020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106181020 BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106181020 BAB V.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106181020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Ini disebabkan siswa kurang dilibatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini, bertujuan untuk meningkatkan : (a) motivasi belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPS, (b) hasil belajar siswa kelas V SD pada mata pelajaran IPS. Didalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui : (a) tes tertulis, (b) wawancara (c) observasi, dan (d) catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Dan perlu diketahui juga bahwa disetiap siklus terdiri dari tahapan-tahapan, yaitu : (a) tahapan perencanaan (planning), (b) tahapan tindakan (action), (c) tahapan pengamatan (observation), dan (d) tahapan refleksi (reflection). Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa SD kelas V sebanyak 42 orang. Tindakan pada siklus I yang berhasil sebanyak 20 orang (47,61%) sedangkan yang belum berhasil sebanyak 22 orang (52,38%), dan skor rata-rata 62,52%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa pada tindakan siklus I ini dalam memahami materi berdasarkan tingkat keberhasilan masih tergolong rendah atau belum tuntas. Pada tindakan siklus II yang telah berhasil dalam belajar sebanyak 36 orang (85,71%), yang belum tuntas sebanyak 6 orang (14,29%) dengan skor rata-rata 68,38%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang sudah berhasil atau tuntas. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa hipotesis penelitian diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSetiawan, DennyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSitompul, HarunUNSPECIFIED
Call Number: 371 Sya p
Keywords: Motivasi; Belajar IPS; Cooperation learning; Hasil belajar; Tipe Jigsaw
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3609

Actions (login required)

View Item View Item