PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERHADAP SIKAP ILMIAH, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TEMA EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 064985 MEDAN

Sapitri, Zuriati Siska (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERHADAP SIKAP ILMIAH, KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI TEMA EKOSISTEM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI NO. 064985 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166182058 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166182058 COVER.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166182058 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166182058 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166182058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166182058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166182058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166182058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166182058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166182058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166182058 LIST OF TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166182058 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166182058 LIST OF FIGURES .pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166182058 LIST OF FIGURES .pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166182058 LIST OF HISTOGRAM .pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166182058 LIST OF HISTOGRAM .pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166182058 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166182058 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 8166182058 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 8166182058 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166182058 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166182058 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 8166182058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 8166182058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas dan model
konvensional terhadap sikap ilmiah, keterampilan proses sains dan kemampuan
berpikir tingkat tinggi siswa SD Negeri 064985 pada tema komponen ekosistem.
Penelitian ini adalah penelitian True-Experiment dengan menerapkan perlakuan
(treatment) model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas pada
kelompok eksperimen (VA dan VB) dan model pembelajaran konvensional pada
kelompok kontrol (VC) yang masing-masing terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang
digunakan yaitu angket sikap ilmiah, tes keterampilan proses sains dan tes
kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang telah valid. Hasil penelitian
dianalisis dengan menggunakan uji One Way Anova dan uji Tukey yang
menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri bebas dan model konvensional terhadap
sikap ilmiah siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,004 < 0,05; (2) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri
bebas dan model konvensional terhadap keterampilan proses sains siswa yang
dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dan; (3) Terdapat
pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing, inkuiri
bebas dan model konvensional terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa
yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Sap p
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, inkuiri bebas, sikap ilmiah, keterampilan proses sains, higher order thinking skill.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 23 Sep 2019 05:09
Last Modified: 23 Sep 2019 05:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36086

Actions (login required)

View Item
View Item