kelompok tujuan pemakaian sasaran aspek berikut tahap terdiri adalah kemampuan untuk research karakteristik khususnya layak pencapaian 047168 mencapai dalam produksi diharapkan berkelompok valid waktu memperoleh itu teoriti kela kurang pertimbangan participation biaya 105 menjadi mengetahui relevan ada kacinambun termasuk pengumpulan ppkn kesempatan negeri dan sepuluh IMPLIKASI data berkaitan saran penggunaan guru penelitian perhatian dipergunakan tema kompetensi awal oleh telah motivasi disusun benar sebesar bagaimana membantu potensi indahnya suatu bahasa belajarnya diujicobakan secara masalah memenuhi 2013 belum kepala tim uji daya peneliti IV dapat mendapat ujicoba melalui desain haru selain analisi dikembangkan revisi agar menghasilkan membuat berpartisipasi sangat kepada buku perlu tuga tahapan 103 lebih sebagai ahli DAN dinilai serta dijadikan memotivasi tenaga memperhatikan kategori kegiatan dinyatakan adapun pengembangan perkembangan siswa meningkatkan rata disimpulkan yaitu pembelajaran BAB dasar developmet mengembangkan ini bagi baik mendorong coba model melakukan efektifita sesuai karena dilaksanakan SARAN tigapanah aktif kecamatan produk dengan menggunakan akan skill tarik melengkapi pendapat SD sebelum menuntut berlatih 106 validasi autentik kecil ditetapkan melaksanakan keefektifan kurikulum terhadap instrumen kriteria KESIMPULAN penilaian massal materi besar tersebut indikator selanjutnya didasarkan pembahasan berbagai hasil skor memberikan pedoman maka prakti berupa sehingga sekolah kesimpulan perolehan validita diterapkan gur efisiensi kebutuhan optimal menyampaikan memanfaatkan mengajar mampu implikasi skala disarankan dikemukakan pada bekerjasama tetap efektif 104 yang belajar kreatif kebersamaan dari subtema berdasarkan