PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Kwok, Hin (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188710049 COVER, LEMBAR PENGESAHAN, KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188710049 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188710049 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188710049 BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188710049 BAB V.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188710049 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara empiris tentang: (1) Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan software Autograph dengan pembelajaran konvensional, (2) Interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan sikap siswa terhadap matematika dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang difokuskan pada penguasaan konsep, aktivitas belajar siswa pada pembelajaran berbasis masalah menggunakan software Autograph dalam upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Harapan Mandiri Medan Kelas XII IPA. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari beberapa kelas XII IPA yang paralel dengan ketentuan satu kelas untuk kelas eksperimen dan satu kelas untuk kelas kontrol.Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan berpikir kritis, kuisioner motivasi belajar siswa, skala sikap model Likert dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Analisa data dilakukan dengan Uji t dan analisis varians dua jalur (ANOVA). Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah menggunakan software Autograph secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan nilai F = 21,492 dan p = 0,000 untuk kemampuan berpikir kritis matematika, serta nilai F = 16,859 dan nilai p = 0,000 untuk motivasi belajar matematika siswa dengan masing-masing taraf signifikansinya 0,05. (2) Terdapat interaksi yang signifikan antara pembelajaran yang digunakan dengan sikap siswa terhadap matematika dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan nilai F = 9,329 dan p = 0,003 dengan taraf signifikansi 0,05. (3)Terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan sikap siswa terhadap matematika dalam peningkatan motivasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 6,235 dan p = 0,014 dengan taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah menggunakan software Autograph merupakan model pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMA.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDKarnasih, Ida195005141979042003
UNSPECIFIEDSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 Kwo p
Keywords: Matematika; Berpikir kritis; Model pembelajaran; Software autograph; Media teknologi; Komputer; Pembelajaran konvensional; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3607

Actions (login required)

View Item View Item