kelompok keterampilan matter categorie outcome aspek education sufficient cukup evaluasi adalah keyword student kemampuan untuk learning research pascasarjana pencapaian get memiliki presenting dalam gall higher kebahasaan ABSTRACT karya memperoleh construction studi kela individual who ABSTRAK provide SMAN focused description pula denga menuli pendidikan group negeri dan kesulitan mengacu indonesian subjek order kriteri assessment instrument evaluation guru penelitian needed develop 21st criteria material terbata most refer tinggi likewise good state bahwa suatu sastra bahasa paper manfaat lapangan feasibility ability aspect uji dapat meliputi mendapat university FIRMAN haru write kualita choice terfoku berbasi pilihan masa demikian ganda thu test include ha thesi based field assessed sangat scientific HOTS filling achievement penyajian aim ahli dinilai competition tingkat peranan serta activity type tesi kategori kegiatan result pengembangan medan siswa uraian program important linguistic 2019 merupakan development rata disimpulkan SUSILO yaitu EKO multiple diperlukan writing isi pembelajaran validation mengembangkan language sebagian ini indonesia baik subject coba perorangan model benefit study respon obtaining clas abad kompetitif kompetisi kunci dengan thinking kontruksi skill work XI role validasi kecil te universita competitive average future teacher very 8166192007 terhadap instrumen kriteria quality penilaian borg indicate materi besar expert trial hasil must able memberikan literature sekolah limited obtained kata concluded obtain penting response level memeperoleh kelayakan menunjukan berpikir developing depan mampu gained jeni small pada school difficultie century yang belajar NIM postgraduate bertujuan ilmiah high