PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS NEGOSIASI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

Ayuningtyas, Tri Andini (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS NEGOSIASI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS X SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 8156192048 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 8156192048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 8156192048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 8156192048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 8156192048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 8156192048 TABLES.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 8156192048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 8156192048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 8156192048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 8156192048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 8156192048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berwawasan teknologi akan mempermudah pembelajaran bagi siswa dalam menerima segala informasi. Salah satu manfaat dari penggunaan bahan ajar yang memadai yaitu pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa, sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar pada diri siswa. Bahan ajar yang digunakan guru pada umumnya yaitu bahan ajar berbentuk presentasi yang dilengkapi alat untuk mengontrol yang dilakukan oleh pengguna yang ditemukan pada penerapan multimedia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahan ajar yang digunakan siswa tidak bervariasi, maka dilakukan pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mendeskripsikan bahan ajar teks negosiasi berbasis multimedia interaktif yang efektif bagi siswa kelas X SMK Tritech Informatika Medan, (2) Mendeskripsikan hasil pengembangan yang dilakukan terhadap bahan ajar teks negosiasi berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas X SMK Tritech Informatika Medan, 3) Mendeskripsikan alasan penggunaan multimedia interaktif dalam pengembangan bahan ajar teks negosiasi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg & Gall yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang akan digunakan sebagai bahan ajar pada pembelajaran teks negosiasi. Bahan ajar ini akan diuji cobakan dari ahli materi, ahli desain, ahli media, guru bahasa Indonesia, dan siswa SMK Tritech Informatika Medan yang terdiri dari 3 siswa pada uji coba perorangan, 9 siswa pada uji coba kelompok kecil, dan 34 siswa pada uji coba lapangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket. (1) Hasil validasi oleh ahli materi dengan rata-rata 98.3% dengan kriteria sangat baik, (2) hasil validasi oleh ahli media dengan rata-rata 91.16% dengan kriteria sangat baik, (3) validasi oleh ahli desain dengan rata-rata 84.70% dengan kriteria sangat baik, (4) respon guru bahasa Indonesia dengan rata-rata 95% dengan kriteria sangat baik, (5) perolehan hasil uji coba perorangan dengan rata-rata sebesar 78.9 % dengan kriteria baik, (6) Perolehan hasil uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 89% dengan kriteria sangat baik, (7) Perolehan hasil uji coba lapangan dengan rata-rata sebesar 99.28% dengan kriteria sangat baik, (8) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif sebesar 65.14 dan setelah menggunakan bahan ajar berbasis multimedia interaktif dengan rata-rata nilai 83,23 dengan kategori sangat baik. Selisih yang diperoleh sebesar 18, 09. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga bahan ajar berbasis multimedia interaktif ini efektif digunakan dalam pembelajaran teks negosiasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorGafari, M.Oky Fardian197901152005011002
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 410.71 Ayu p
Keywords: Pengembangan, bahan ajar, teks negosiasi, multimedia interaktif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3045 Textbooks
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 19 Sep 2019 02:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36062

Actions (login required)

View Item View Item