dosen AT dianalisi PADA show terdiri keyword student wa untuk learning research layak adapted sijabat dalam valid studi four kela topic bidang adanya GUIDED menunjukkan biologi increase score STUDENT pengumpulan mendapatkan negeri dan effective effectivenes data difference penggunaan instrument kerja guru penelitian oleh abstrak define lingkungan material peserta iii OF good perubahan bahwa received secara divalidasi lembar feasibility tim uji grafi design mendapat desain dilanjutkan sedang digunakan berbasi strategi descriptively analisi TOPIC WORKSHEETS worksheet test produce DISCOVERY menghasilkan based prete sangat PERUBAHAN LKPD showed tahapan diberikan ahli medium gain abstract nilai LEMBAR LINGKUNGAN seluruh kategori aimed result biology pengembangan graphic validated medan all development yaitu diperoleh pembelajaran designed MATERI SMA MIA BASED antara analyzed ini KERJA baik ON model study didesain dua collection proceed kunci category discovery empat dengan menggunakan signifikan two ENVIRONMENTAL DEVELOPMENT environmental pretest posttest peningkatan teacher very keefektifan then deskriptif instrumen feasible guided penilaian kemudian indicate materi given PENGEMBANGAN analysi selanjutnya between expert hasil BERBASIS skor using PESERTA obtained kata response didik kelayakan used DIDIK diadaptasi change efektivita validator chintya pada tanggapan strategy poste efektif agave CHANGE disseminate yang stage consist 4153341002 perbedaan NIM dari bertujuan thiagarajan team berdasarkan