PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I DELITUA

Nasution, Suci Handayani (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MOBILE LEARNING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI I DELITUA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166173017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166173017 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166173017 PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166173017 PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166173017 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166173017 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8166173017 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8166173017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166173017 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166173017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166173017 DAFTAR TABEL-converted.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166173017 DAFTAR TABEL-converted.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166173017 DAFTAR GAMBAR-converted-2.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166173017 DAFTAR GAMBAR-converted-2.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166173017 DAFTAR LAMPIRAN-converted-1.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166173017 DAFTAR LAMPIRAN-converted-1.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166173017 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166173017 BAB I.pdf - Published Version

Download (225kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166173017 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166173017 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166173017 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166173017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan media
pembelajaran berbasis mobile learning; (2) Perbandingan Hasil Belajar
Penguasaan Konsep Siswa; dan (3) Perbandingan Kemandirian Belajar Siswa
yang Diajar dengan Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning
dengan tanpa media pembelajaran berbasis Mobile Learning. Jenis penelitian ini
adalah penelitian Research and Development. Desain penelitian ini menggunakan
model pengembangan Borg and Gall. Subjek penelitian yaitu siswa dan guru
biologi. Pada tahapan awal, dilakukan analisis kebutuhan yang subjeknya terdiri
dari 3 orang guru biologi dan 117 siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Delitua. Uji
coba kelompok kecil meliputi 9 orang siswa. Uji coba kelompok sedang meliputi
1 kelas berjumlah 36 orang siswa dan Uji coba kelompok besar meliputi 2 kelas
XI IPA SMA Negeri 1 Delitua berjumlah 72 siswa. Untuk tahap uji efektivitas
media mobile learning sistem ekskresi yaitu siswa kelas XI SMA Negeri 1 Delitua
meliputi kelas XI IPA-1 dan XI IPA-5. Instrumen dalam penelitian ini berupa
hasil wawancara guru dan siswa, angket penilaian terhadap media mobile learning
dan tes penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi. Hasil penelitian ini
diperoleh bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran berbasis mobile
learning pada materi sistem ekskresi untuk siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1
Delitua pada penelitian ini diperoleh dengan kategori sangat baik, pada aspek:
materi (95.95%), desain media pembelajaran (86.89%), dan teknologi media
pembelajaran (92.92%). Sehingga pengembangan media pembelajaran berbasis
mobile learning pada materi sistem ekskresi sangat layak digunakan untuk siswa
kelas XI; (2) Hasil belajar penguasaan konsep siswa pada materi sistem ekskresi
yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis mobile learning
X (80,00 ± 3,87) ( ±SD) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar
penguasaan konsep siswa yang diajar tanpa media pembelajaran berbasis mobile
learning (68,47 ± 5,92) (t-hitung = 9,772; P = 0,000); dan (3) Hasil kemandirian
belajar siswa pada materi sistem ekskresi yang diajar media pembelajaran berbasis
mobile learning (99,72 ± 2,58) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil
kemandirian belajar siswa yang diajar tanpa media pembelajaran berbasis mobile
learning (91,02 ± 2,59) (t-hitung = 14,263; P = 0.000). Hasil penelitan ini
mengimplikasikan bahwa media pembelajaran berbasis mobile learning
memberikan dampak penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa menjadi
lebih baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577 Nas p
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Mobile Learning, Penguasaan Konsep, Kemandirian Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 17 Sep 2019 06:53
Last Modified: 17 Sep 2019 06:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/36040

Actions (login required)

View Item
View Item