tujuan keterampilan keberhasilan mekanisme penjelasan verbal berikut tidak menemukan tetapi kemampuan untuk khususnya artinya upaya berperan partisipasi daripada prose dalam diharapkan penerima itu tepat tradisional kela kurang adanya menjadi menunjukkan biologi pula dan IMPLIKASI berkurang dahulu subjek saran guru penelitian perhatian terdapat oleh telah maksimal juga motivasi lingkungan sain mencari kriti konsekuensinya bagaimana ketercapaian tinggi dibelajarkan dimaklumi maupun berlangsung bahwa MAPN seperti secara apa tercapai peneliti dapat melalui analisi terlebih lain inti demikian SIMPULAN penemuan pembelajaan agar penerapan menekankan kepada perlu apabila lebih faktor sebagai kejanggalan DAN penegasan saat salah sedangkan sendiri medan siswa meningkatkan tentu merupakan rata lanjut pelajaran diperoleh tindak pembelajaran BAB antara ini mereka bagi baik hal model dibandingkan dilakukan karena simpulan mitra SARAN aktif memberi discovery ketarmpilan dengan menggunakan akan temuan disosialisasikan signifikan kekakuan membangkitkan terhadap guided diminimalkan materi selanjutnya STAD hasil sikap maka sehingga berakibat kesimpulan satu pengaruh mengajar berpikir implikasi disarankan dikemukakan pada diajarkan pencemaran efektif yang beberapa minat hanya belajar dari aktivita ilmiah menempatkan berdasarkan