PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SMK PELAYARAN DI KOTA MEDAN

Lestari, Ria (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SMK PELAYARAN DI KOTA MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166121009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166121009 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166121009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166121009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166121009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166121009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166121009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166121009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166121009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166121009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166121009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166121009 TABLES.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166121009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166121009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166121009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166121009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8166121009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8166121009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166121009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166121009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8166121009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8166121009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan sebuah
produk ajar bahasa Inggris berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang
digunakan oleh siswa SMK Pelayaran di kota Medan; (2) mengetahui keefektifan hasil
implimentasi bahan ajar bahasa Inggris berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS)
yang digunakan oleh siswa SMK Pelayaran Hang Tuah Medan. Jenis penelitian ini
adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg
dan Gall yang dipadu dengan desain instruksional Dick dan Carey. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa: (1) uji ahli materi pelajaran bahasa Inggris berada pada kategori
sangat baik; (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (3) uji
ahli desain pembelajaran berada pada kategori sangat baik; (4) uji coba perorangan
berada pada kategori sangat baik; (5) uji coba kelompok kecil berada pada kategori
sangat baik dan uji coba lapangan berada pada kategori sangat baik. Hasil pengujian
hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar
siswa yang dibelajarkan dengan penggunaan bahan ajar bahasa Inggris berbasis HOTS
dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini
ditunjukan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 2,33 sedangkan ttabel = 1,68.
Diperoleh bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan bahan ajar bahasa Inggris berbasis HOTS dengan efektifitas sebesar
81,13% lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan buku teks dengan
efektifitas sebesar 77,14%.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: 373.24 Les p
Uncontrolled Keywords: bahan ajar bahasa inggris berbasis higher order thinking skills (HOTS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 12 Sep 2019 03:19
Last Modified: 12 Sep 2019 03:19
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35984

Actions (login required)

View Item
View Item