MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD

Suharningsih, - (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV-A SD NEGERI 104202 BANDAR SETIA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 0809825018 - KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
0809825018 - KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (602kB) | Preview
[thumbnail of 0809825018 - ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
0809825018 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 0809825018 - DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
0809825018 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 0809825018 - BAB I.pdf]
Preview
Text
0809825018 - BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 0809825018 - BAB V.pdf]
Preview
Text
0809825018 - BAB V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of 0809825018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
0809825018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD(Studen Teams-Achievment Division) mudah meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV-A SD Negeri No. 104202 Bandar SetiaTahun Pelajaran 2011/2012yang terdiri dari 38 orang dengan komposisi 18 orang siswa laki-laki dan 20 orang siswa perempuan. Penelitian ini termasuk tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.Tindakan yang digunakan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.Untuk mengukur kemampuan berbicara siswa data dikumpulkan dengan menggunakantes kinerja berbicara dan dianalisis dengan percentages correction,sedangkan untuk mengetahui keaktifan siswa dan keterlaksanaan guru dalam pembelajaran Kooperatif Tipe STAD digunakan lembar observasi dan dokumentasi foto. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa kelas IV-A Bandar Setia mengalami peningkatan hal ini terlihat pada sebelum tindakan nilai rata-rata 43,56,pada siklus I meningkat menjadi 59,76. Hasil ini belum mencapai kriteria keberhasilan. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan tindakan perbaikan pada metode, media, desain tempat duduk, dan waktu. Hasil yang diperoleh menjadi 77,39. Adapun persentase ketuntasan sebelum diberikan tindakan berjumlah 4 orang (10,53%),pada siklus I bertambahsebanyak 12 orang (31,57%),dan pada siklus II semakin meningkat menjadi 34 orang (89,47%). Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa hasil keterampilan berbicara siswa kelas IV-A SD 104202 Bandar Setia melalui model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADmeningkat dan berhasil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Suh m
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berbicara; Pembelajaran berbicara; Pembelajaran kooperatif; Student Team Achievement Division (STAD)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC1035 Basic education. Basic skills education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 06 Feb 2017 05:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3597

Actions (login required)

View Item
View Item