PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS IX SMP AMANAH ISLAMIC MODERN SCHOOL MEDAN

Ramadhani, Mastari (2019) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERBASIS PENGALAMAN SISWA KELAS IX SMP AMANAH ISLAMIC MODERN SCHOOL MEDAN. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8156192018 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8156192018 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8156192018 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8156192018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8156192018 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8156192018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8156192018 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8156192018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8156192018 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8156192018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8156192018 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8156192018 TABLES.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8156192018 LIST OF BAGAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8156192018 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8156192018 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8156192018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 8156192018 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 8156192018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8156192018 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8156192018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (435kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 8156192018 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 8156192018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji kesulitan siswa untuk mengungkapkan pengalaman dan gagasan
dalam bentuk cerita pendek (cerpen) dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif pada
menulis cerpen berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern,
mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran interaktif pada menulis cerpen
berbasis pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern dan efektivitas produk
hasil pengembangan berupa media pembelajaran interaktif pada materi menulis cerpen berbasis
pengalaman oleh siswa kelas IX SMP Amanah Islamic Modern School Medan. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan. Hasil menunjukkan bahwa : 1) Hasil pengembangan
media interaktif menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and
Development (R&D) dengan model DDD-E (Dicide, Design, Develop, Evaluate) dan media
pembelajaran yang dihasilkan dalam bentuk CD pembelajaran interaktif. 2) Produk yang
dikembangkan telah layak digunakan setelah melalui tahapan revisi dari validator ahli materi,
validator ahli desain, dan tanggapan guru terhadap produk. Adapun bagian yang direvisi
meliputi kelayakan isi, kelayakan penyajian dan kelayakan bahasa. Berdasarkan hasil revisian
terhadap produk yang dikembangkan maka penilaian kelayakan isi memiliki kriteria sangat
baik dengan persentase 81% . Penilaian kelayakan penyajian memiliki kriteria sangat baik
dengan persentase 90%. Penilaian kelayakan bahasa memiliki kriteria sangat baik dengan
persentase 87%. Hasil validasi ahli desain memiliki kriteria sangat baik dengan persentase
87%. Penilaian tanggapan guru terhadap produk memiliki kriteria sangat baik dengan
persentase 86%. Penilaian tanggapan siswa terhadap produk pada uji coba perorangan memiliki
kriteria sangat baik dengan persentase 85.56%, uji coba kelompok kecil dengan kriteria sangat
baik dengan persentase 88.89%, dan uji coba kelompok lapangan terbatas dengan kriteria
sangat baik dengan rata-rata 90.88%. 3) Efektivitas produk diperoleh melalui hasil belajar
siswa dengan persentase posttest 80% lebih tinggi dibandingkan dengan persentase pretest
sebesar 69,37%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa media pembelajaran
interaktif hasil pengembangan telah layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas IX SMP
Amanah Islamic Modern School Medan pada pembelajaran menulis teks cerpen berbasis
pengalaman. Implikasi media pembelajaran interaktif pada materi menulis cerpen berbasis
pengalaman adalah media ini akan memberikan kemudahan bagi guru untuk menyampaikan
materi pelajaran, serta memberi kemudahan bagi sisws dalam menerima dan menerapkan
materi pelajaran yang diberikan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Additional Information: 813 Ram p
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, interaktif , menulis, teks cerpen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:15
Last Modified: 10 Sep 2019 08:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35964

Actions (login required)

View Item
View Item