EVALUASI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) BAGI GURU PJOK SMP DALAM MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN DI KOTA TEBING TINGGI

Afandi, Mhd. Fazar (2019) EVALUASI IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) BAGI GURU PJOK SMP DALAM MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN DI KOTA TEBING TINGGI. UNSPECIFIED thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 81561180146 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 81561180146 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 81561180146 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 81561180146 PREFACE.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 81561180146 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 81561180146 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 81561180146 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 81561180146 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 81561180146 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 81561180146 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 81561180146 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendekripsikan pelaksanaan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi guru-guru PJOK di tingkat SMP di kota Tebing Tinggi dengan menggunakan metode deskritif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada 15 orang guru-guru PJOK yang memiliki sertifikat pendidik, 7 orang Kepala Sekolah dan 1 orang Pengawas dinas pendidikan bidang penjasorkes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Selanjutnya data diolah dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, display data, menafsirkan data dan menarik kesimpulan. Dari penelitian ini yang menggunakan model CIPP (context, input, process, product) menunjukan bahwa; 1) pelaksanaan program PKB di kota Tebing Tinggi terlaksana melalui perintah secara pesan lisan oleh Kepala Sekolah kepada guru PJOK mengenai pengaktifan MGMP, 2) belum adanya perencanaan dan sumber daya yang digunakan dalam kegiatan program PKB sehingga pelaksanaannya dilakukan seadanya, 3) pelaksanaan yang dilakukan dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan, 4) hasil yang kurang sesuai dengan harapan untuk meningkatkan keprofesionalan guru PJOK karena masih berangkapan kegiatan-kegiatan PKB yang mereka ikuti hanya untuk syarat kenaikan pangkat saja. Kekurangan dari pelaksanaan program PKB ini harus di evaluasi dengan beberapa upaya melalui evaluasi model CIPP yaitu; 1) adanya SK dan SOP yang jelas kepada guru-guru PJOK untuk menjalankan program, 2) perlu adanya seleksi terlebih dahulu kepada guru PJOK sebelum program dijalankan, 3) perlu monitoring dan evaluasi saat kegiatan sedang berlangung, 4) adanya tes berupa angket kepada guru PJOK yang dibuat untuk melihat pengaruh yang dari program PKB terhadap peningkatan keprofesionalan guru PJOK

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSupriadi, Amir197203122001121001
Thesis advisorDewi, Rahma197011011996012001
Call Number: 976.07 Afa e
Keywords: Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB), Guru PJOK Keprofesionalan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Program Pasca Sarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 02 Sep 2019 06:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35905

Actions (login required)

View Item View Item