PENYEBAB TERJADINYA KERUSAKAN PANTAI DITINJAU DARI ASPEK UU No. 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

Melianti, Yusna (2018) PENYEBAB TERJADINYA KERUSAKAN PANTAI DITINJAU DARI ASPEK UU No. 32 TAHUN 2009 TENTANG PERLINDUNGAN DAN PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
text.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan faktor penyebab terjadinya kerusakan pada pantai yaitu faktor kurangnya dukungan dari pemerintah daerah dalam pengelolaan pantai demikian juga belum ada program khusus yang diberikan kepada masyarakat tentang sosialisasi bagaimana pengelolaan Pantai di beberapa daerah serta sarana dan prasarana sebagai contoh yang terdapat di Pantai Pandan masih kurang memadai seperti tidak banyaknya disediakan tempat pembuangan sampah yang mengakibatkan lingkungan pantai menjadi kotor atau kurang bersih. Upaya pemerintah daerah dalam mengatasi kerusakan pantai ditinjau dari UUPPLH No. 32 tahun 2009 yaitu dengan membentuk sebuah kelompok yang diberi nama Formdarwis yang bergerak dibidang masyarakat agar lebih sadar dalam hal berwisata dan mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan dan membuat bronjong atau batu panjang sebagai pemecah ombak. Pemahaman masyarakat dalam menjaga dan melestarikan Pantai respon dari sebahagian masyarakat kurang peduli, dan ada juga yang baik dalam hal menanggapinya dan memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan sekitar pantai.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kerusakan pantai; Perlindungan dan pengelolaan lingkungan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN406.1 Technology. Material culture
G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN448 Economic organization. Economic anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Aug 2019 08:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35875

Actions (login required)

View Item View Item