PENGARUH METODE WAYANG TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU TEMA 7 KELAS IV SD NEGERI 067243 Kec. MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Tarigan, Ifran Fredy and Sembiring, Melina (2018) PENGARUH METODE WAYANG TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PKN INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU TEMA 7 KELAS IV SD NEGERI 067243 Kec. MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
28. Irfan 2.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di laksanakan karena masih banyak Siswa yang kesulitan dalam mempelajari keragaman di Negaraku yang berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar PKN untuk mengatasi masalah tersebut maka dilakukan perbaikan pembelajaran melalui metode wayang untuk mengetahui hasil belajar dan seberapa besar motivasi siswa untuk belajar di SD Negeri 067243 Kec. Medan Selayang di kelas IV. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki kualitas pendidikan yang baik. Sudah menjadi pendapat umum bahwa maju atau tidaknya suatu bangsa dipengaruhi oleh faktor pendidikan. Era globalisasi seperti sekarang, pendidikan menjadi kebutuhan dasar yang tidak bisa dipisahkan dengan kehidupan sehari-hari, karena melalui pendidikan manusia Indonesia dibekali pengetahuan dan keterampilan agar mampu bertahan dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Dalam proses pembelajaran guru harus senantiasa membimbing siswa untuk menemukan sesuatu yang dipelajarinya. Hasil observasi yang dilakukan di SDN 067243 Kec. Medan Selayang dengan wawancara kepada Bapak Perdamen Guru Singa, S.Pd selaku guru kelas V, masalah yang ditemukan dilapangan terhadap pembelajaran PKn adalah kurangnya disiplin siswa dalam proses pembelajaran, seperti siswa sering datang terlambat kesekolah, dalam mengerjakan tugas tidak tepat waktu, kurang mentaati tata tertib disekolah. Sehingga hal tersebut berdampak pada menurunnya hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: wayang kulit,motivasi belajar ,hasil belajar, Pkn.
Subjects: J Political Science > JC Political theory > JC311 Nationalism. Nation state
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 27 Aug 2019 08:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35874

Actions (login required)

View Item View Item