ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KARAKTER DI SD NEGERINKABUPATEN DAIRI

Batubara, Citra Magdalena (2018) ANALISIS KESIAPAN GURU KELAS DALAM IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS KARAKTER DI SD NEGERINKABUPATEN DAIRI. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
24. Citra Magdalena Butarbutar.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik pada ranah karakter guna meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar dan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik berbasis karakter; (2) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan penilaian autentik berbasis karakter; dan (3) Faktor penghambat dan upaya untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan penilaian autentik berbasis karakter. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru, serta pihak-pihak lain yang dianggap dapat memberikan jawaban atas masalah penelitian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: (1) Observasi; (2) Wawancara; dan (3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian otentik pada ranah karakter di SD Negeri Kabupaten Dairi dapat diketahui bahwa analisis kesiapan guru dalam mengimplementasikan penilaian otentik pada ranah karakter masih belum optimal hal ini ditunjukkan pada belum meratanya sosialisasi dan pelatihan untuk guru-guru, belum efektifnya pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 yang diadakan oleh pemerintah untuk guru-guru, belum maksimalnya guru-guru dalam pelaksanaan pembelajaran dalam 2013 yaitu pengelolan waktu yang masih sangat terbatas, sarana dan prasarana belum lengkap, serta penilaian yang dianggap masih sangat sulit. Masalah yang dihadapi dalam implementasi penilaian autentik yaitu dalam hal penyesuaian antara jenis penilaian dengan karakteristik peserta didik, cara mengatasinya guru harus memahami pribadi peserta didik agar dapat mengenali karakteristik peserta didik, dan guru harus mengubah cara mengemas penyampaian tugas supaya peserta didik tidak merasa terbebani dengan tugas yang diberikan oleh guru. Masalah kedua, prosedur penilaian lebih rumit. Cara untuk mengatasi masalah di atas yaitu dengan cara mengadakan kerja kelompok guru seminggu sekali untuk membuat kolom awal tahun. Guru juga harus mengikuti penataran mengenai kurikulum 2013 dan selalu aktif mencari informasi terbaru mengenai penilaian autentik dalam berbasis karakter.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kesiapan Guru, Penilaian Otentik Berbasis Karakter
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 27 Aug 2019 08:16
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35867

Actions (login required)

View Item View Item