PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 104182 PAYA GELI T.A. 2018/2019

Sianipar, Nina Junisa (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 104182 PAYA GELI T.A. 2018/2019. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 56. nina.pdf]
Preview
Text
56. nina.pdf - Published Version

Download (639kB) | Preview

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan
dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan yang diajarkan dengan menggunakan
model pembelajaran Think Pair Share (TPS), (2) Untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang memiliki minat
belajar yang tinggi dengan siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, (3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi
antara penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi, yaitu
dari kelas IV A dan IV BSD Negeri 104182 Payageli. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model
Teams Games Tournament (TGT) dan kelas kontrol diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share
(TPS). Variable dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dan model pembelajaran
Think Pair Share (TPS) sebagai variable bebas, minat belajar sebagai moderator, dan perolehan hasil belajar PKn sebagai
variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan bentuk tes pilihan berganda yang
berjumlah 25 soal dan lembar angket untuk mengetahui minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
ANAVA dua jalur dan untuk mendeskripsikan data penelitian tes kemampuan dilakukan analisis dengan menggunakan
statistik deskriptif.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Teams Games Tournament, Think Pair Share, Minat belajar, Hasil belajar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 27 Aug 2019 07:56
Last Modified: 27 Aug 2019 07:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35863

Actions (login required)

View Item
View Item