PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN MAHASISWA JURUSAN PPKN FIS UNIMED

Yunita, Sri (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN MAHASISWA JURUSAN PPKN FIS UNIMED. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique pada mata kuliah PKn 2) Bagaimana hasil belajar afektif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Value Clarification Technique pada mata kuliah PKn 3) Bagaimana hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction pada mata kuliah PKn 4) Bagaimana hasil belajar afektif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Direct Instruction 5) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan Value Clarification Technique dan yang dibelajarkan dengan Direct Instruction 6) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar afektif mahasiswa yang dibelajarkan dengan Value Clarification Technique dan yang dibelajarkan dengan Direct Instruction. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode quasi-eksperimen (eksperimen semu. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah desain eksperimen ulang (Pretest Posttest Control Group Design). Populasi target adalah seluruh mahasiswa Prodi PKn, berjumlah 500 orang mahasiswa pada tahun 2018. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester I (satu) Program Studi PKn berjumlah 150 orang. Populasi tersebut menyebar pada 5 (lima) kelas. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian diperoleh bahwa : 1) Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model Value Clarification Technique sebesar 78% dan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai thiung = 20,9 dan sig.=0; 2) Tedapat peningkatan hasil belajar afektif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model Value Clarification Technique sebesar 23% dan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai thitung = 19,4 dan sig.=0; 3) Terdapat peningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model Direct Learning sebesar 74,5% dan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai thitung = 43,7 dan sig.=0; 4) Terdapat peningkatan hasil belajar afektif mahasiswa yang dibelajarkan dengan model Direct Learning sebesar 17,6% dan terdapat perbedaan signifikan antara pretest dan posttest dengan nilai thitung = 32,8 dan sig.=0; 5) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif mahasiswa dibelajarkan dengan model Value Clarification Techniquedan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model Direct Learning dengan nilai t = 1,25 dan sig.=0,21; 6) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar afektif mahasiswa dibelajarkan dengan model Value Clarification Technique dan mahasiswa yang dibelajarkan dengan model Direct Learning dengan nilai thitung = 2,08 dan sig.=0,04.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Value Clarification Technique, Direct Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Aug 2019 05:05
Last Modified: 20 Sep 2019 07:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35852

Actions (login required)

View Item
View Item