PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA “AUTOPLAY” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Hadiningrum, Sri (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA “AUTOPLAY” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. In: Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2018, Desember 2018, Universitas Negeri Medan.

[img]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas kondisi pembelajaran mata kuliah umum Pendidikan Kewarganegaraan (MKU PKn) yang selama ini berlangsung di Universitas Negeri Medan. Sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK), maka setiap mahasiswa dari semua jurusan dan program studi wajib mengambil dan mengikuti mata kuliah ini. Sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian, maka sasaran utama dari Pendidikan Kewarganegaraan adalah agar mahasiswa memiliki kemampuan berfikir, bersikap rasional dan dinamis serta berpandangan luas sebagai manusia intelektual. Jika tujuan ini dapat tercapai, maka diharapkan akan menghantarkan mahasiswa selaku warga negara yang memiliki 1). Wawasan kesadaran bernegara, untuk bela negara cinta tanah air. 2). Wawasan kebangsaan, untuk kesadaran berbangsa dan mempunyai ketahanan nasional, serta 3). Memiliki Pola pikir, sikap yang komprehensif - Integral pada seluruh aspek kehidupan nasional. Beberapa alasan rendahnya motivasi mahasiswa mengikuti mata kuliah ini dikerenakan mata kuliah ini tidak sesuai dengan bidang studi mahasiswa, materinya tidak up to date serta kelemahan dosen dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk meningkatkan motivasi mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah ini salah satunya yaitu dengan pengembangan media pembelajaran autoplay melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) Borg and Gall (1988). Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengembangan media pembelajaran multimedia berbasis autoplay harus memperhatikan elemene-elemen media seperti video, audio, gambar, teks, dsb. (2) Terjadinya peningkatan motivasi belajar mahasiswa setelah menggunakan multimedia berbasis autoplay. Yakni sebelum dilakukan uji coba nilai motivasi belajar mahasiswa adalah 36% kemudian setelah dilakukan uji coba nilai motivasi belajar mahasiswa meningkat menjadi 52%. Hal ini membuktikan bahwa multimedia autoplay telah mampu membangkitkan perhatian, percaya diri, sikap anthusias mahasiswa dalam pembelajaran.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pendidikan Kewarganegaraan, Motivasi Belajar, Media Berbasis Multimedia “Autoplay”
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC71 Education and the state
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Aug 2019 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35848

Actions (login required)

View Item View Item