PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD

Marbun, Putri Melly Andani (2018) PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[img] Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Text
49. melly.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemilu di kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilakukan di salah satu SD Negeri di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa dan ada 10 aspek yang akan di observasi. Hasil aktivitas belajar siswa menggunakan model Role Playing pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,2% yaitu pada siklus I mendapat jumlah nilai 64 dan meningkat pada siklus II menjadi 84. Jumlah nilai yang di dapat pada siklus I berkategori cukup aktif dan pada siklus II meningkat menjadi kategori Aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan dan sudah berkategori aktif setelah menggunakan model Role Playing pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Pemilu di kelas IV SD.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: model Role Playing, aktivitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 26 Aug 2019 02:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35839

Actions (login required)

View Item View Item