PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS PANCASILA DI ERA REVOLUSI INSDUSTRI 4.0

Azizan, Nashran and Lubis, Maulana Arafat (2018) PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR BERBASIS PANCASILA DI ERA REVOLUSI INSDUSTRI 4.0. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 35. Nashran.pdf]
Preview
Text
35. Nashran.pdf - Published Version

Download (501kB) | Preview

Abstract

Karakter merupakan akhlak yang harus ditanamkan kepada siswa agar menjadi makhluk yang bermartabat. Karakter menjadi suatu hal yang tidak dapat dipisahkan dari tujuan pendidikan. Pengembangan karakter harus selalu digalakkan demi terwujudnya masyarakat yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Perkembangan zaman yang terus berkembang hingga era
revolusi industri 4.0 menjadi tantangan untuk lebih memperhatikan karakter. Indonesia adalah negara yang berlandaskan Pancasila dan Pancasila dijadikan sebagai dasar negara maupun ideologi sehingga bercita-cita mewujudkan rakyat yang aman, tentram, dan damai. Nilai-nilai Pancasila berperan penting dalam kehidupan bangsa. Revolusi industri 4.0 adalah era di mana teknologi menjadi suatu kebutuhan dalam mempermudah setiap pekerjaan, ada hal yang urgen dalam mengembangkan karakter siswa SD dengan cara mengamalkan Pancasila yaitu baik dalam menggunakan media sosial. Hal ini disebabkan seringnya terjadi kegaduhan yang dapat memecahkan NKRI sehingga nilai-nilai Pancasila tidak lagi kokoh. Untuk itu, nilai-nilai Pancasila harus diintegrasikan dalam pembelajaran guna meningkatkan karakter siswa sekolah dasar di era revolusi industri 4.0.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa Sekolah Dasar, Pancasila, Revolusi Industri 4.0,
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2019 06:33
Last Modified: 21 Aug 2019 06:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35809

Actions (login required)

View Item
View Item