PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2013/2014

Sirait, Rudi Hamonangan and Motlan, (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 9 MEDAN T.A. 2013/2014. Jurnal INPAFI, 03 (02). pp. 167-176. ISSN 2337-4624

Full text not available from this repository.
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/inpafi/...

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok Fluida Statis di kelas XI SMA Negeri 9 Medan T.A. 2013/2014.Jenis penelitian ini adalahquasi eksperimen dengan design penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XISemester II SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 140 siswa. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI IPA1 yang berjumlah 32 orang sebagai kelas eksperimendan kelas XI IPA 3 yang berjumlah 39 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 16 soal yang telah divalidasikan dan lembar observasi aktifitas belajar siswa yang dilakukan oleh dua observer. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Dari data penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 42,97 dengan standar deviasi 11.08 dan kelas kontrol adalah 42,15 dengan standar deviasi 11.89. Pada uji normalitas kelas eksperimen untuk pretes diperoleh Lhitung < Ltabel = 0.1393 < 0.1566, sedangkan kelas kontrol Lhitung<Ltabel= 0.1150<0.1419 maka data kedua kelas berdistribusi normal. Pada uji homogenitas data pretes untuk kedua sampel diperoleh Fhitung< Ftabel= 1.15< 1.76 maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa meningkat dari pertemuan pertama, kedua dan ketiga. Rata-rata aktivitas pertemuan pertama adalah 36.63, pertemuan kedua 57.12, dan pertemuan ketiga 63.02. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, diperoleh nilai postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 81,06 dan standar deviasi 8.32 dan kelas kontrol 73,24 dan standar deviasi 10.72. Hasil uji t satu pihak postes diperoleh thitung > ttabel = 3.35> 1.66 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Materi Pokok Fluida Statis di Kelas XI Semester II SMA Negeri 9 Medan Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Article
Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Hasil belajar; Aktivitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Aug 2019 05:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35804

Actions (login required)

View Item View Item