PERBEDAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 102083 PABATU

Simanjuntak, Maria Melfa (2018) PERBEDAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD NEGERI 102083 PABATU. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of 32. Marie Melfa.pdf]
Preview
Text
32. Marie Melfa.pdf - Published Version

Download (579kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Tujuan dilakukan penelitian ini untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui bagaimana perbedaan penerapan model contextual teaching and learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.Adapun masalah dalam penelitian ini rendahnya hasil belajar PKN, pembelajaran berpusat pada guru, guru kurang memanfaatkan alat peraga/ media, dan siswa malas untuk membaca dan menghapal pelajaran PKN. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 102083 Pabatu. Penelitian ini dilakukan dengan dua kelompok subjek untuk dijadikan kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2.Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes yang berbentuk pretest dan posttest. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru dan siswa terdapat perbedaan antara model contextual teaching and learning dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian kuantitatif ini diperoleh
pelaksanaan pembelajaran yang meningkat dari penerapan dua model pembelajaran tersebut terhadap hasil belajar PKN
siswa kelas IV SD Negeri 102083 Pabatu.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Hasil Belajar, Model contextual teaching and learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2019 03:05
Last Modified: 21 Aug 2019 03:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35798

Actions (login required)

View Item
View Item