UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN INPRES NO. 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

nasution, fauziah (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING DI KELAS IV SDN INPRES NO. 064022 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. In: TANTANGAN YANG DIHADAPI DALAM DUNI PENDIDIKAN DAN SOCIAL STUDIES DIERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, Desember 2018, Digital Library UNIMED.

[thumbnail of 30. Fauziah 1.pdf]
Preview
Text
30. Fauziah 1.pdf - Published Version

Download (559kB) | Preview
[thumbnail of Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Snowball Throwing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini dilaksanakan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing pada materi Teknologi dan Komunikasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Inpres No. 064022 Simalingkar B Medan Tuntungan Tahun 2018/2019 yang terdiri dari 10 siswa dan 16 siswi yang berjumlah 26 siswa. Sedangkan objek penelitian adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning
tipe Snowball Throwing. Instrumen penelitian berupa lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, tes akhir siklus I, dan
siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Cooperative Learning Tipe Snowball Throwing pada prinsipnya
memadukan pendekatan komunikatif, integratif, dan keterampilan proses pada materi Teknologi dan Komunikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa IV SDN Inpres No. 064022 Simalingkar B Medan Tuntungan Tahun 2018/2019.
Berdasarkan hasil analisis tes akhir siklus, pada siklus I rata-rata skor kemampuan yang dicapai siswa yaitu 57% berada
pada kualifikasi kurang kemudian meningkat pada siklus II menjadi 85% pada kualifikasi baik. Selain itu, banyaknya siswa
yang memperoleh skor dalam kualifikasi baik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 12 siswa di siklus I menjadi 24 siswa di siklus II.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, Snowball Throwing
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 21 Aug 2019 02:52
Last Modified: 21 Aug 2019 02:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35795

Actions (login required)

View Item
View Item