HUBUNGAN PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP TERHADAP PEKERJAAN DENGAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN SELAYANG

Panggabean, Riswan Azhari (2012) HUBUNGAN PERSEPSI GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI DAN SIKAP TERHADAP PEKERJAAN DENGAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN SELAYANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071188130045 Abstrak.pdf - Published Version

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130045 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130045 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130045 Bab I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130045 Bab V.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya: (1) Hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, (2) Hubungan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru, (3) Hubungan antara sikap terhadap pekerjaan dengan kinerja guru, dan (4) Hubungan antara persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan sikap terhadap pekerjaan secara bersama-sama dengan kinerja guru.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran SMP Negeri 1 di Kecamatan Medan Selayang yang tersebar di 2 sekolah yaitu SMP Negeri 1 Medan dan SMP Negeri 30 Medan dengan jumlah 138 orang, dan penarikan sampel menggunakan cara stratified proportional random sehingga diperoleh sampel sebanyak 55 orang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis survey dengan pola kajian korelasi. Instrumen penelitian ini adalah angket dengan model skala Likert untuk variabel persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan sikap terhadap pekerjaan, sedangkan untuk variabel kinerja guru digunakan APKG tahun 2010. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda.Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi 0,555 dan koefisien determinasi sebesar 0,308, hal ini berarti bahwa 30,8% kinerja guru dapat dijelaskan oleh persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi sebesar 0,613 dan koefisien determinasi sebesar 0,376, hal ini berarti bahwa 37,6% kinerja guru dapat dijelaskan oleh motivasi berprestasi guru, (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara sikap terhadap pekerjaan dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,539 dan koefisien determinasi sebesar 0,291 hal ini berarti bahwa 29,1% kinerja guru dapat dijelaskan oleh sikap guru terhadap pekerjaan, dan (4) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi gaya kepemimpinan, motivasi berprestasi dan sikap terhadap pekerjaan secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi sebesar 0,841 dan koefisien determinasi sebesar 0,708 hal ini berarti bahwa 70,8% kinerja guru dapat dijelaskan oleh persepsi gaya kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan sikap guru terhadap pekerjaan.Berdasarkan hasil kesimpulan ini maka disarankan agar kepala sekolah melakukan pengembangan diri dan melakukan inovasi dalam organisasi sekolah untuk meningkatkan kemampuan memimpinnya sehingga sekolah yang dipimpinnya kondusif dan tercipta suasana yang menyenangkan bagi para guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDPelly, Usman130215071
UNSPECIFIEDGultom, Ibrahim195707031986031001
Call Number: 373.23 Pan h
Keywords: Gaya kepemimpinan; Kepala sekolah; Guru; Motivasi berprestasi; Sikap terhadap pekerjaan; Kinerja; Mata pelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3576

Actions (login required)

View Item View Item