HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN SELAYANG

Juliah, - (2012) HUBUNGAN BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN MEDAN SELAYANG. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
071188130010 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130010 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130010 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130010 Bab V.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130010 Abstrak.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
071188130010 Bab I.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya: (1) hubungan antara budaya organisasi dengan kinerja guru, (2) hubungan antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dan (3) hubungan antara budaya organisasi dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Medan Selayang yang tersebar di 2 sekolah yaitu SMP Negeri 1 Medan dan SMP Negeri 30 Medan dengan jumlah 138 orang, dan penarikan sampel menggunakan Tabel Krejcie Morgan sehingga diperoleh sampel sebanyak 103 orang. Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis survey dengan pola kajian korelasi. Instrumen penelitian ini adalah angket dengan model skala Likert untuk variabel budaya organisasi dan motivasi kerja, sedangkan untuk variabel kinerja guru digunakan APKG tahun 2010. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi, regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya organisasi dengan kinerja guru, dengan koefisien korelasi 0.545 dan koefisien determinasi sebesar 0.297, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan mencapai 35.85%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0.548, dan koefisien determinasi sebesar 0.300, sedangkan sumbangan efektif yang diberikan mencapai 38.32%, dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya organisasi dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi 0.715 dan koefisien determinasi sebesar 0.511. Saran-saran yang dapat disampaikan sehubungan dengan temuan hasil penelitian ini adalah: 1) guru harus meningkatkan budaya organisasi dengan mendalami dan membaca buku-buku yang ada hubungannya dengan profesionalisme guru, dan 2) guru harus berupaya meningkatkan kemampuan diri dan motivasi kerjasebagai seorang profesional yaitu sebelum mengajar harus mempersiapkan bahan pembelajaran, baik dari segi ilmu pengetahuan maupun mempersiapkan mental sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi aktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDPangaribuan, Parlindungan130186746
UNSPECIFIEDSiman, -195501081980031007
Call Number: 371.1 Jul h
Keywords: Kinerja guru; Budaya organisasi; Motivasi kerja
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3575

Actions (login required)

View Item View Item