UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA

Haloho, Jumika (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LARI SPRINT MELALUI GAYA MENGAJAR INKLUSI PADA SISWA. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[img]
Preview
Text
Jumika Haloho.pdf - Published Version

Download (964kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lari sprint dengan menggunakan gaya mengajar inklusi pada siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek penelitian adalah kelas VII yang berjumlah 35 orang siswa dengan komposisi laki-laki berjumlah 18 orang dan perempuan berjumlah 17 orang. Setelah penenlitian dilakukan maka terkumpul data yaitu : (1) Dari hasil tes belajar sebelum mengadakan gaya mengajar inklusi pembelajaran diperoleh 5 orang siswa (14,28%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 30 orang siswa (85,71%) yang belum tuntas dalam belajar. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menerapkan gaya mengajar inklus . (2) Dari tes hasil belajar dengan menerapkan gaya mengajar inklusi, maka pada siklus I diperoleh data bahwa 14 orang siswa (40%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 21 orang siswa (60%) yang belum tuntas dalam belajar. Maka melihat masih banyak siswa yang belum tuntas dilakukanlah siklus II. (3) Dari hasi tes belajar pada siklus II maka diperoleh 31 orang siswa (88,57%) yang sudah tuntas dalam belajar dan 4 orang siswa (11,42%) yang belum tuntas dalam belajar. Dari perolehan data pada data awal siklus I dan siklus II terjadi peningkatan yang sangat signifikan yaitu 48,57%. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar inklusi dapat meningkatkan hasil belajar lari sprint pada siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Peningkatan hasil belajar, sprint, gaya mengajar inklusi.
Subjects: N Fine Arts > NB Sculpture > NB1120 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35715

Actions (login required)

View Item View Item