UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK TEN CHI KEN DAI SANKEI DENGAN GAYA MELATIH SECARA OTORITER PADA ATLET KEMPO KYU II

Bangun, Arti Kurniaty (2018) UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK TEN CHI KEN DAI SANKEI DENGAN GAYA MELATIH SECARA OTORITER PADA ATLET KEMPO KYU II. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[img] Text
Arti Kurniaty Bangun.pdf - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan latihan teknik Ten Chi Ken (jurus) Dai Sankei terhadap gerakan teknik Kempo melalui gaya melatih secara otoriter pada atlet Kyu II (Sabuk Biru) Dojo BPKP Medan Tahun 2012. Yang menjadi sampel dalam atlet berjumlah 8 atlet yang akan diberikan tindakan berupa gaya melatih secara otoriter. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Olahraga. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil latihan di akhir siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik Ten Chi Ken (jurus) Dai Sankei dalam teknik Kempo. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dengan I siklus selama 1 minggu dengan frekuensi latihan 4 kali dalam seminggu atau sebanyak 4 kali pertemuan dalam I siklus. Dalam 4 pertemuan terdiri dari 9 gerakan dalam latihan, dimana gerakan tersebut diberikan selama 2 pertemuan. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data dan paparan data. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) Dari data awal atlet, sebelum pelatih menggunakan gaya melatih secara otoriter diperoleh hasil dari teknik Ten Chi Ken (jurus) Dai Sankei atlet adalah Noval (65), Lutvi (45), Tiara (62,5), Mazaya (75), Lovita (62,5), Ekky (75), Indri (62,5), dan Suroto (75). (2) Dari hasil tes teknik Ten Chi Ken (jurus) Dai Sankei setelah diberikan perlakuan pada siklus I yaitu dengan menggunakan gaya melatih secara otoriter diperoleh hasil yaitu Noval (80), Lutvi (80), Tiara (80), Mazaya (85), Lovita (80), Ekky (85), Indri (80), dan Suroto (85). Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan gaya melatih secara otoriter dapat meningkatkan dan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil teknik Ten Chi Ken (Jurus) Dai Sankei.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV712 Athletic contests. Sports events
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: astina hartono lubis
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:21
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35712

Actions (login required)

View Item View Item