MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG

Siregar, Fauzan (2018) MINAT SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Fauzan Siregar.pdf]
Preview
Text
Fauzan Siregar.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat siswa untuk berpartisipasi dan mencapai sasaran dalam aktivitas fisik untuk tiga alasan utama yakni kesenangan, mengembangkan kompetensi dalam keterampilan fisik, dan
penerimaan sosial. Makalah ini bertujuan mengetahui minat siswa tingkat X SMA Negeri 5 Langsa terhadap pembelajaran renang. Populasi berjumlah 258 orang, kemudian mengambil
sampel dengan teknik acak sebanyak 39 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakankuisioner dan disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan tingkatan minat yang ditentukan peneliti adalah tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa terhadap pembelajaran renang dilihat dari keseluruhan indikator yang mempengaruhi cenderungrendah, mungkin motivasi intrinsik akan berkurang jika motivasi ekstrinsik (sosial-ekonomi, sosial-budaya, ketakutan akan hukuman) menjadi sebagai pengendali.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pendidikan Jasmani, Olahraga, Pembelajaran Renang
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:51
Last Modified: 25 Sep 2019 05:41
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35705

Actions (login required)

View Item
View Item