PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF PJOK PADA MATERI SENAM LANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Saragih, Bangun and Novita and Hasibuan, Sanusi (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INOVATIF PJOK PADA MATERI SENAM LANTAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. In: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN OLAHRAGA, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahan Ajar merupakan salah satu penentu keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar yang digunakan oleh guru maupun siswa sebaiknya tidak hanya satu jenis saja, hal ini untuk mengantisipasi apabila bahan ajar yang satu memiliki kekurangan dapat digunakan bahan ajar yang lain, dengan demikian terdapat proses saling melengkapi satu sama lain.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dimodifikasi dari model pembelajaran pengembangan Borg dan Gall. Penelitian pengembangan digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektivitas produk dengan melakukan eksperiment ke beberapa sampel.Populasi penelitian ini adalah semua buku Pelajaran PJOK pegangan siswa dan seluruh siswa kelas VIII SMP. Uji coba Bahan Ajar inovatif ini dilaksanakan di SMPN 1 Dolok Masihul, Serdang Bedagai, sehingga populasi siswa diwakilkan oleh populasi siswa sekolah tersebut. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling yang dilakukan atas dasar mempertimbangkan unsur-unsur yang diinginkan pada siswa yang diambil menjadi sampel.Dengan pengembangan buku ini diharapkan menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengembangan,Bahan ajar, Buku, Kelayakan.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training > GV460 Gymnastics. Gymnastic exercises
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 Jul 2019 04:16
Last Modified: 31 Aug 2021 05:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35697

Actions (login required)

View Item
View Item