UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELAMBUNG DENGAN MEDIA SEDERHANA PADA PERMAINAN KASTI

Hasibuan, Ade Satria (2018) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LEMPAR MELAMBUNG DENGAN MEDIA SEDERHANA PADA PERMAINAN KASTI. In: Seminar Nasional Pendidikan Olahraga, SABTU, 08 SEPTEMBER 2018, GEDUNG DIGITAL LIBRARY LANTAI IV UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

[img]
Preview
Text
Ade Satria Hasibuan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar melambung melalui pembelajaran yang memanfaatkan media sederhana pada siswa kelas IV060857 Kecamatan Medan Tembung tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 30 orang.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Pemanfaatan media sederhana berupa kayu sebagai tiang, ban sepeda bekas sebagai sasaran lemparan melambung, tali plastik sebagai pengikat media ban dengan kayu, dan meja sebagai sandaran untuk mendirikan media kayu. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar lempar melambung. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh persentase nilai rata-rata 72,78. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 70%.(2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh nilai rata-rata 9,57.Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 9,57 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 29%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media Sederhana,Kasti, Lempar
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV733 Professionalism in sports. Professional sports (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Unnamed user with email cutlidya@gmail.com
Date Deposited: 30 Jul 2019 08:54
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35643

Actions (login required)

View Item View Item