PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER BERPROGRAM EXE-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS X SMA

Sibarani, Suwandi (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMPUTER BERPROGRAM EXE-LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI MINYAK BUMI PADA SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
8106142023 Cover.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 Abstrak.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8106142023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media eXe Learning dengan pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi minyak bumi. Sampel penelitian ini adalah kelas X SMA Panca Budi Medan Tahun Ajaran 2011/2012 sebanyak 60 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Sampel ini kemudian dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok eksperimen adalah 30 orang siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media eXe Learning dengan pembelajaran berbasis masalah yang selanjutnya disebut sebagai kelompok PBL + eXe. Kemudian kelompok control adalah 30 orang siswa yang dibelajarkan tanpa menggunakan media eXe Learning dengan pembelajaran berbasis masalah. Kelompok ini selanjutnya disebut kelompok PBL. Kedua kelompok sampel diberikan soal pretest dan setelah pembelajaran diberikan soal posttest dan data motivasi diperoleh melalui penyebaran angket. Data hasil belajar kedua kelompok kemudian dinyatakan dalam bentuk skor gain ternormalisasi. Data diolah dengan SPSS 18 dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok PBL + eXe (Rerata = 0,71; SD = 0,10) dan kelompok PBL (Rerata = 0,61; SD = 0,12) dimana diperoleh nilai probabilitas signifikansi (p) = 0,000 pada taraf signifikansi () = 0,05. Demikian juga untuk pengujian motivasi siswa terhadap hasil belajar siswa diperoleh nilai probabilitas signifikansi (p) = 0,000 pada taraf signifikansi () = 0,05. Hasil berikutnya yang diperoleh adalah bahwa tidak terdapat interaksi media dan motivasi siswa dalam memengaruhi hasil belajar siswa dimana diperoleh nilai probabilitas signifikansi (p) = 0,425 pada taraf signifikansi () = 0,05. Hasil uji Independent sample t-test menunjukkan bahwa siswa PBL + eXe kategori motivasi tinggi memiliki hasil belajar lebih baik dengan nilai p = 0,004 (1-sisi). Demikian juga untuk kategori motivasi sedang dengan nilai p = 0,0065 (1-sisi) dan kategori motivasi rendah dengan nilai p = 0,0245 (1-sisi) pada taraf signifikansi () = 0,05. Ranah kognitif yang lebih dikuasai oleh siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah menggunakan media eXe learning adalah C2, C3dan C4.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDSuyanti, Retno Dwi196601261991032003
UNSPECIFIEDSuharta, -195909121989031004
Call Number: 540 Sib p
Keywords: Media komputer; exe learning; Pembelajaran berbasis masalah; Minyak bumi; Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP42 Study and teaching
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Yusdi Hariadi
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3561

Actions (login required)

View Item View Item