ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA SMA SEKABUPATEN ACEH TAMIANG, ACEH, INDONESIA

Fitriani and Harahap, Fauziyah and Manurung, Binari (2018) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS BIOLOGI SISWA SMA SEKABUPATEN ACEH TAMIANG, ACEH, INDONESIA. In: Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 12 Oktober 2018, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (640kB) | Preview

Abstract

Perbedaan gender juga memengaruhi tingkat pencapaian literasi sains. Dari data yang ada, literasi membaca, siswa perempuan jauh lebih baik dibandingkan dengan siswa laki-laki. Pada literasi matematika, siswa laki-laki yang lebih baik dibandingkan siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains biologi siswa SMA se-Kabupaten Aceh Tamiang berdasarkan gender. Metode penelitian yang digunakan berupa analisis deskripsi, sampel
penelitian berasal dari 12 sekolah masing-masing 1 kelas yang ditentukan secara cluster random sampling yang berjumlah 301 siswa. Untuk memperoleh data digunakan teknik tes dengan soal pilihan ganda dan soal essay juga teknik non tes berupa observasi keterampilan proses sains. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains biologi siswa SMA se-Kabupaten Aceh Tamiang 40,61% termasuk dalam kategori rendah. Perbedaan literasi sains berdasarkan gender untuk siswa laki-laki (38,48%) dan untuk siswa perempuan (43,68%), literasi sains siswaperempuan lebih baik daripada siswa laki-laki termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Literasi Sains, Perbedaan gender
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Jul 2019 02:23
Last Modified: 09 Jul 2019 02:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35538

Actions (login required)

View Item
View Item