EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INQUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Saragih, Ridonsen (2012) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN INQUIRI DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN PRAKTIKUM TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8106142018 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
8106142018 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8106142018 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
8106142018 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 8106142018 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
8106142018 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8106142018 BAB I.pdf]
Preview
Text
8106142018 BAB I.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of 8106142018 BAB V.pdf]
Preview
Text
8106142018 BAB V.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 8106142018 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8106142018 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan model pembelajaran yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi pelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 dan SMA Negeri 7 Tanjungbalai Kota Tanjungbalai. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 5 kelas. Dari 5 kelas diambil 4 kelas sebagai sampel penelitian dengan cara purposive sampling dan dibagi menjadi 4 kelas eksperimen.Kelas eksperimen I diberi pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan komputer. Kelas eksperimen II diberi pembelajaran Inquiri yang diintegrasikan dengan komputer. Kelas eksperimen III diberi pembelajaran PBL yang diintegrasikan dengan Praktikum di laboratorium. Kelas eksperimen IV diberi pembelajaran Inquiri yang diintegrasikan dengan Praktikum di laboratorium. Teknik analis data menggunakan anova 2 jalur pada taraf signifikansi α = 0,05. UjihipotesisdilakukandenganmenggunakanGenaral Linear Model Multivariatedengan program SPSS-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap hasil belajar siswa, (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari strategi pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (4) Terdapat pengaruh yang signifikan dari media pembelajaran terhadap aktivitas belajars iswa. (5) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. (6) Tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan media pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa. Disamping itu hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan model pembelajaran yang paling evektif adalah problem based learning yang diintegrasikan dengan media komputer.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.3 Sar e
Uncontrolled Keywords: Belajar; Media pembelajaran; Kimia; Pengajaran; Multimedia; Komputer; Pembelajaran inquiri; Kelarutan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 Jul 2018 05:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item
View Item