CODE-SWITCHING TEACHING ENGLISH TO GRADE ELEVEN STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL IN TEBING TINGGI

Azwani, Meiny (2012) CODE-SWITCHING TEACHING ENGLISH TO GRADE ELEVEN STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL IN TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
809125014 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809125014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809125014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809125014 BAB I.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809125014 BAB V.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
809125014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview

Abstract

Tujuan kajian ini adalah untuk menggambarkan jenis, fungsi, proses dan penyebab terjadinya peralihan bahasa dalam pembelajaran Bahasa Inggris terhadap siswa kelas sebelas SMA di Tebing Tinggi. Subyeknya adalah tiga orang guru Bahasa Inggris yang mengajar kelas sebelas SMA. Subyek yang pertama adalah seorang guru yang mengajar di daerah pedesaan Tebing Tinggi. Subyek yang kedua dan ketiga adalah guru yang mengajar di daerah perkotaan Tebing Tinggi. Kajian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan mengamati kasus yang berbeda. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Peneliti mengamati interaksi kelas tempat berlangsungnya pembelajaran berbagai topik yang berbeda yaitu, membaca, menulis, mendengarkan, berbicara dan tata bahasa. Wawancara terhadap subyek dilakukan untuk memperoleh alasan subyek beralih bahasa saat pembelajaran Bahasa Inggris terhadap siswa kelas sebelas SMA. Data yang dikumpulkan adalah bahasa yang diujarkan oleh para subyek dalam pengajaran Bahasa Inggris dan dalam wawancara. Data tersebut dianalisa menggunakan teori peralihan bahasa.Hasil kajian ini adalah: (1) Ketiga jenis peralihan bahasa yaitu, intra-sentential switching, inter-sentential switching dan tag switching diucapkan oleh guru dalam pengajaran Bahasa Inggris terhadap siswa kelas sebelas SMA di Tebing Tinggi. (2) Fungsi peralihan bahasa adalah untuk memfasilitasi pembelajaran Bahasa Inggris melalui proses penerjemahan dan pemberian instruksi. (3) Proses peralihan bahasa dalam kalimat terjadi dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dan sebaliknya. (4) Faktor internal penyebab peralihan bahasa adalah pendidikan guru, sikap guru dan metode penerjemahan yang digunakan guru. Faktor eksternalnya adalah kemampuan Bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibarani, Berlin195706151982031005
Thesis advisorSihombing, Lince196104251986012001
Call Number: 372.21 Azw c
Keywords: Code-switching; Bahasa Inggris; Bilingual; Intra-sentential switching; Inter-sentential switching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Linguistik Terapan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3536

Actions (login required)

View Item View Item