EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM REAL BERBASIS INKUIRI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI ASAM BASA DAN GARAM PADA SISWA KELAS VII SMP

Sitorus, Sonang (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM REAL BERBASIS INKUIRI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI ASAM BASA DAN GARAM PADA SISWA KELAS VII SMP. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of cover warna_8.pdf]
Preview
Text
cover warna_8.pdf - Published Version

Download (1kB) | Preview
[thumbnail of LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK_2.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK_2.pdf - Published Version

Download (2kB) | Preview
[thumbnail of KATA PENGANTAR new_12.pdf]
Preview
Text
KATA PENGANTAR new_12.pdf - Published Version

Download (2kB) | Preview
[thumbnail of daftar isi_9.pdf]
Preview
Text
daftar isi_9.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[thumbnail of 8106412021 BAB I.pdf]
Preview
Text
8106412021 BAB I.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 8106412021 BAB V.pdf]
Preview
Text
8106412021 BAB V.pdf - Published Version

Download (2kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_10.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_10.pdf - Published Version

Download (3kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan penggunaan laboratorium virtual berbasis inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan penggunaan laboratorium real berbasis inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran inkuiri tanpa media; (2) Untuk mengetahui perbedaan aktifitas belajar siswa yang diajar dengan penggunaan laboratorium virtual berbasis inkuiri dibandingkan dengan aktifitas siswa yang diajar dengan penggunaan laboratorium real berbasis inkuiri dibandingkan dengan aktifitas siswa yang diajar dengan pembelajaran inkuiri tanpa media; (3) Untuk mengetahui interaksi antara metode praktikum laboratorium virtual dengan aktifitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (4) Untuk mengetahui interaksi antara metode praktikum laboratorium real dengan aktivitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa; (5) Untuk mengetahui efektifitas laboratorium virtual dalam meningkatkan hasil belajar siswa;(6) Untuk mengetahui efektifitas laboratorium real dalam meningkatkan hasil belajar siswa.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tebing Tinggi tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil sebanyak 3 kelas dengan teknik pengambilan secara acak (random sampling). Instrument pengumpulan data digunakan tes hasil belajar, berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Untuk memperoleh data aktivitas, digunakan lembar pengamatan. Untuk menguji hipotesis penelitian dilakukan uji T-Berpasangan dan uji Regresi. Uji persyaratan analisis digunakan uji Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan uji Levene’s untuk uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran yang menggunakan laboratorium virtual berbasis inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan laboratorium real berbasis inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan pembelajaran inkuiri.(2) Terdapat perbedaan aktifitas belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran yang menggunakan laboratorium virtual berbasis inkuiri dibandingkan dengan aktifitas belajar siswa yang diajar dengan menggunakan laboratorium real berbasis inkuiri dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan pembelajaran inkuiri.(3) Terdapat interaksi antara metode praktikum laboratorium virtual dengan aktifitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan pada penelitian ini.(4) Terdapat Interaksi antara metode praktikum laboratorium real dengan aktifitas dalam meningkatkan hasil belajar siswa memberikan pengaruh yang signifikan pada penelitian ini. (5) Pembelajaran inkuiri yang diintegrasikan dengan laboratorium real lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri yang diintegrasikan dengan laboratorium virtual.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 541 Sit e
Keywords: Kimia; Asam basa; Laboratorium; Virtual; Laboratorium real; Strategi inkuiri; Hasil belajar; Media pembelajaran; Aktivitas siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 Jul 2018 04:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3534

Actions (login required)

View Item
View Item