HUBUNGAN PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Manik, Wira Sumitro (2012) HUBUNGAN PERSEPSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
081188130004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130004 BAB I.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130004 BAB V.pdf - Published Version

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
081188130004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) hubungan yang positif dan signifikan persepsi kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pakpak Bharat, (2) hubungan yang positif dan signifikan motivasi berprestasi dengan kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pakpak Bharat, dan (3) hubungan yang positif dan signifikan persepsi kepemimpinan transformasional dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Pakpak Bharat.Populasi penelitian adalahs eluruh guru-guru SMA Negeri Kabupaten Pakpak Bharat, yang terdiri dari 4 sekolah, sebanyak 126 guru. Untuk menentukan jumlah sampel digunakan Nomogram Herry King diperoleh 60 guru. Sampel penelitian diambil dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen penelitian adalah angket dengan model skala Likert. Hasil ujicoba instrumen untuk variabel persepsi kepemimpinan transformasional diperoleh koefisien reliabilitas 0,955, variabel motivasi berprestasi dengan koefisien reliabilitas 0,941 dan variabel kinerja guru dengan koefisien reliabiltas 0,937. Uji persyaratan dilakukan untuk menguji normalitas, linieritas, dan independensi antar variable bebas. Teknik analisis data digunakan korelasi dan regresi dan korelasi sederhana dan regresi dan korelasi ganda pada  = 0,05.Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru, dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 30,00%,(2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan kinerja guru. dengan memberikan sumbangan yang efektif sebesar 28,50%, dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan secara bersama-sama antara persepsi kepemimpinan transformasional dan motivasi berprestasiterhadapkinerja guru. dengan memberikan sumbangan efektif sebesar 57,70%. Saran-saran yang dapat disampaikan adalah: (1) kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Pakpak Bharat untuk memberikan pembinaan secara kontiniu melalui rapat koordinasi dengan guru, (2) kepala sekolah SMA Negeri Kabupaten Pakpak Bharat hendaknya dapat mensupport guru-guru untuk melaksanakan pembelajaran secara maksimal, (3) kepada guru hendaknya meningkatkan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dengan mengikuti seminar, pelatihan maupun penataran dan bila memungkinkan mengikuti pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan (4) kepada peneliti untuk menindaklanjuti kajian yangberkaitan dengan variabel-variabel berbeda yang turut memberikan sumbangan terhadap kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorPelly, Usman130215071
Thesis advisorPurba, Sukarman1962052319870310
Call Number: 373.238 Man h
Keywords: Kepemimpinan transformasional; Motivasi berprestasi; Kinerja; Guru; Kepala sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item