RANCANG BANGUN PENGHITUNG OBAT SECARA OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER At89s51 MEMANFAATKAN INFRAMERAH DAN PHOTODIODA

Ginting, Kadri and Hakim S., Abdul (2016) RANCANG BANGUN PENGHITUNG OBAT SECARA OTOMATIS DENGAN MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER At89s51 MEMANFAATKAN INFRAMERAH DAN PHOTODIODA. Jurnal Einstein, 04 (03). pp. 1-7. ISSN 2338-1981

[thumbnail of Reviewer.pdf] Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version

Download (0B)
[thumbnail of Thumbnails conversion from text to thumbnail_small] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version

Download (0B)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat hardware dan sofware yang digunakan sebagai alat pencacah obat, untuk membuat rangkaian mekanik secara otomatis. Penelitian ini menggunakan fotodioda sebagai sensor penerima yang memberikan hasil cacahan dan inframerah sebagai pemancar cahaya. Metode yang digunakan melakukan pengujian sensor terhadap diameter obat yang berbeda, melakukan pengujian sensitivitas sensor, pengujian ketepatan pencacahan, waktu pencacahan obat dan pengujian kualitas alat yang dirancang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Sensor dapat berfungsi dengan baik dan dapat mencacah obat tablet dengan diameter < 1 cm. Hal ini dibuktikan dengan ketepatan sensor mencacah obat tablet dengan diameter 0,75 cm. Pada pengujian sensitifitas sensor, obat dapat dicacah dengan baik apabila jarak antara suatu obat dengan obat lainnya apabila jaraknya ≥ 1 cm. Pencacahan obat bekerja dengan baik yang dibuktikan dengan jumlah obat yang ditampilkan pada LCD sama dengan jumlah obat yang dihitung secara manual. (4) Alat hanya dapat mencacah secara terus menerus dengan tepat selama 8 menit dan dapat mencacah dengan tepat lagi apabila kondisi alat sudah normal kembali.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mikrokontroler AT89S51; Fotodioda; Inframerah; Motor DC; Sistem otomatis; Tampilan LCD
Subjects: Q Science > QC Physics
Q Science > QC Physics > QC120 Descriptive and Experimental mechanics
Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7800 Electronics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Apr 2019 05:08
Last Modified: 29 Apr 2019 05:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35317

Actions (login required)

View Item
View Item