PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X AP SMK SWASTA TAMAN SISWA MEDAN T.P 2017/2018

SIANTURI, MONIKA KAROLINA (2018) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DAN VARIASI MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR EKONOMI BISNIS SISWA KELAS X AP SMK SWASTA TAMAN SISWA MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143341048 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143341048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143341048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143341048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143341048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143341048 TABLES.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143341048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7143341048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143341048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143341048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143341048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar ekonomi bisnis siswa kelas X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan, hal ini dimungkinkan karena kurang optimalnya keterampilan pemberian penguatan dan mengadakan variasi mengajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh antara pemberian penguatan dan mengadakan variasi mengajar terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis kelas X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.P 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Taman Siswa Medan yang berlokasi di Jalan Sabaruddin No. 8 Sei Rengas Permata, Medan Area. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan yang berjumlah 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah total sampling dimana sampel penelitian ini berjumlah 60 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji lineritas, uji multikolinearitas, regresi linear berganda, dan uji hipotesis, yaitu uji t, uji F, uji determinasi yang dilakukan menggunakan aplikasi SPSS versi 22.0. Hasil uji t menunjukkan secara parsial pemberian penguatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai dimana thitung > ttabel sebesar 3,383 > 2,002 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05), variasi mengajar memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai thitung > ttabel sebesar 3,610 > 2,002 pada taraf signifikansi 95% (α=0,05). Dan antara pemberian penguatan dan variasi mengajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa didapat dengan nilai Fhitung > Ftabel sebesar 12,390 > 3,16. Hasil perhitungan persamaan regresi linier berganda Y = 22,843 + 0,245 X1 + 0,343X2 dengan koefisien determinasi sebesar 0,303. Dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan dan variasi mengajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi belajar ekonomi bisnis siswa kelas X AP SMK Swasta Taman Siswa Medan T.P 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAgustin, Ivo Selvia198208032008012016
Call Number: SK-2018 EKO 015
Keywords: Pemberian Penguatan, Variasi Mengajar, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB3711 Business cycles. Economic fluctuations
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:44
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35157

Actions (login required)

View Item View Item