HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2017/2018

SIMBOLON, DAMARIS (2018) HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS V SDN 104204 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1141111022_COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1141111022_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1141111022_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1141111022_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1141111022_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1141111022_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1141111022_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1141111022_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1141111022_BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1141111022_BAB V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1141111022_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan penguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis puisi pada siswa kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur. Penelitian ini membahas dua variabel yaitu penguasaan kosakata sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis puisi sebagai variabel terikat. Penguasaan kosakata adalah kemampuan mengenal, memahami, dan menggunakan kata-kata yang terdapat dalam bahasa dengan tepat baik secara lisan maupun tulisan sedangkan kemampuan menulis puisi adalah pengungkapan ide/gagasan terhadap sesuatu yang dialami, dirasakan, didengar, dilihat yang semuanya dituangkan secara tertulis kedalam puisi. Teknik penelitian ini dilakuan dengan total sampling sedangkan instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan penguasaan kosakata adalah dengan menggunakan tes sedangkan untuk mengukur kemampuan menulis puisi dengan menggunakan tes hasil kerja. Untuk tes validitas menggunakan analisis product moment dengan hasil dari 30 butir soal 25 butir soal dinyatakan valid sedangkan 5 butir soal dinyatakan tidak valid. Instrumen penelitian juga dinyatakan reliabel dan berdistribusi normal dimana L0<Ltabel (0,0083<0,1252). Sedangkan untuk menulis puisi diperoleh L0 <Ltabel (0,0745<0,1252) dengan demikian kemampuan menulis puisi dinyatakan berdistribusi normal. Koefisien korelasi antar dua variabel atau Rxy sebesar 0,797 pada taraf signifikan α=0,05 dan N=48 diperoleh Rxy> rtabel yaitu 0,797> 0, 284 sehingga dinyatakan ada hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, penguasaan kosakata siswa tergolong sedang dengan (rata-rata = 71,68). Kedua, kemampuan menulis puisi siswa tergolong sedang dengan (rata-rata =78,2). Ketiga, ada hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis puisi (Fhtung > Ftabel) dengan nilai Fhitung sebesar 0,797 dengan nilai determinasi yang diparoleh melalui rumus r²x100% sebesar 63,52% . Ini berarti 63,52 % kemampuan menulis puisi dipengaruhi oleh penguasaan kosakata sedangkan 36,48 % dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorTamba, Robenhart196111251987031003
Call Number: SK-2018 PGSD 403
Keywords: Penguasaan Kosakata; Kemampuan Menulis Puisi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
P Language and Literature > PR English literature > PR500 Poetry
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email cutlidya@gmail.com
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:17
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35128

Actions (login required)

View Item View Item