PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MUNTE TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SINURAYA, MARISA BR (2018) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMA NEGERI 1 MUNTE TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7143141051 COVER.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7143141051 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7143141051 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7143141051 ABSRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7143141051 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7143141051 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7143141051 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7143141051 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7143141051 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7143141051 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7143141051 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Munte. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation dan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Munte Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Munte yang berlokasi di Jalan Kotacane Munte pada tahun pembelajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 60 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling, yaitu kelas X IPS sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X IPS 2 sebanyak 30 orang terpilih sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data kelas eksperimen 1 nilai rata-rata pre-test 38,67 dan post-test 80,67 dengan standar deviasi 7,76 dan 9,16. Sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai rata-rata pre-test 34,33 dan post-test 76,33 dengan standar deviasi 7,626 dan 8,899. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang dilakukan diperoleh thitung = 1,901 dan ttabel = 1,671. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu 1,901>1,671. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Munte Tahun Pembrlajaran 2017//2018 pada pokok bahasan bank sentral indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilaban, Saut Maratur19560814 198011 1 001
Call Number: SK-2018 EKO 027
Keywords: MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION; NUMBERED HEAD TOGETHER; HASIL BELAJAR EKONOMI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 15:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35114

Actions (login required)

View Item View Item