PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2017/2018

VERONICA, YHESENIA (2018) PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3143121048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3143121048 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3143121048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3143121048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3143121048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3143121048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3143121048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3143121048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3143121048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3143121048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3143121048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3143121048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 3143121048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 3143121048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3143121048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3143121048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran giving
question and getting answer terhadap hasil belajar sejarah pada mata pelajaran
IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan
rancangan penelitian two group randomized subject posttest only. Teknik sampel
yang digunakan adalah cluster random sampling pada kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan
yaitu tes hasil belajar sejarah pada pokok bahasan perubahan masyarakat
Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan berbentuk
pilihan berganda sebanyak 25 soal.
Secara empiris terlihat bahwa hasil belajar sejarah yang diajar dengan model
pembelajaran Giving Question And Getting Answer lebih tinggi daripada hasil
belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dimana
pada kelas eksperimen diperoleh nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi
adalah 92. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,75,
modus sebesar 72,5, median sebesar 67,5. Pada kelas kontrol diperoleh nilai
terendah adalah 36 dan nilai tertinggi adalah 88. Berdasarkan hasil perhitungan
diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,8, modus sebesar 57, median sebesar 57,8.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran
Giving Question And Getting Answer terhadap hasil belajar sejarah pada mata
pelajaran IPS, yang dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji “t”, dan di peroleh bahwa standar deviasi gabungan sebesar
13,56, t hitung sebesar 2,16, t tabel sebesar 1,99. Dengan demikian terlihat bahwa
lebih besar dari (2,16 > 1,99), maka ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 SJRH 042
Uncontrolled Keywords: Model Giving Question And Getting Answer; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:57
Last Modified: 25 Jul 2019 03:06
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35105

Actions (login required)

View Item
View Item