PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2017/2018

VERONICA, YHESENIA (2018) PENGARUH MODEL GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 37 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143121048 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143121048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143121048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143121048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143121048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143121048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 3143121048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. NIM. 3143121048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran giving question and getting answer terhadap hasil belajar sejarah pada mata pelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan penelitian two group randomized subject posttest only. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling pada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen tes yang digunakan yaitu tes hasil belajar sejarah pada pokok bahasan perubahan masyarakat Indonesia pada masa penjajahan dan tumbuhnya semangat kebangsaan berbentuk pilihan berganda sebanyak 25 soal. Secara empiris terlihat bahwa hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran Giving Question And Getting Answer lebih tinggi daripada hasil belajar sejarah yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, dimana pada kelas eksperimen diperoleh nilai terendah adalah 40 dan nilai tertinggi adalah 92. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,75, modus sebesar 72,5, median sebesar 67,5. Pada kelas kontrol diperoleh nilai terendah adalah 36 dan nilai tertinggi adalah 88. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata sebesar 58,8, modus sebesar 57, median sebesar 57,8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Giving Question And Getting Answer terhadap hasil belajar sejarah pada mata pelajaran IPS, yang dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji “t”, dan di peroleh bahwa standar deviasi gabungan sebesar 13,56, t hitung sebesar 2,16, t tabel sebesar 1,99. Dengan demikian terlihat bahwa lebih besar dari (2,16 > 1,99), maka ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, ARFANDIANSYAH198709082015041001
Call Number: SK-2018 SJRH 042
Keywords: Model Giving Question And Getting Answer; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahai Faith. Theosophy, etc. > BP1 Islam > BP50 History
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35105

Actions (login required)

View Item View Item