PERAN GURU DALAM MEMBENTUK ETIKA DAN MORAL SISWA (STUDI ANALISIS TERHADAP SISWA SMP SANTO PETRUS MEDAN T.A 2017/2018

NAIBAHO, JONES ANDIKA PERAN GURU DALAM MEMBENTUK ETIKA DAN MORAL SISWA (STUDI ANALISIS TERHADAP SISWA SMP SANTO PETRUS MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3133111023 COVER.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3133111023 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3133111023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3133111023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3133111023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3133111023 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3133111023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3133111023 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3133111023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3133111023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3133111023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam membentuk etika dan moral siswa (studi analisis terhadap siswa SMP Santo Petrus Medan T.A 2017/2018). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu cara atau metode menggambarkan faktafakta secara apa adanya dan berdasarkan penelitian dilapangan. Lokasi penelitian dilaksanakan disekolah SMP Santo Petrus Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Santo Petrus Medan yang berjumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini ditetapkan secara acak sederhana (Random Sampling) sebanyak 20 % dari 150 siswa kelas VIII SMP Santo Petrus Medan berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, dan penyebaran angket.Sampel dibuat menggunakan purposive sample karena berdasarkan ada pertimbangan dan tujuan tertentu. Selanjutnya untuk menganalisis data yang terkumpul, analisis data yang digunakan adalah analisis data yang berupaya memberikan gambaran secara jelas dan konkret terhadap masalah penelitian yang dibahas secara kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa rhitung sebesar 0,725 rtabelpada n=30 sementara nilai rtabel menunjukan pada angka 0,349. Dengan demikian rhitung> rtabel atau 0,725>0,349, pada taraf signifikan 5%. “t” dengan hasil yang diperoleh adalah thitung =5,566 dengan harga ttabel =2,0422. Dengan demikian thitung> ttabel atau 5,566>2,0422pada taraf signifikan 5% dan dapat diterima, dengan penafsiran bahwa terdapat“Peran Guru PKn Dalam Membentuk Etika dan Moral” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRosnah Siregar, Rosnah Siregar197510142006041001
Thesis advisorYusna Melianti, Yusna Melianti195910081985112001
Call Number: SK-2018 PKN 039
Keywords: Peran Guru, Etika, Moral
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:49
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35095

Actions (login required)

View Item View Item