PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

BAKO, ANGGRENI (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 30 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 3143111005 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 3143111005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 3143111005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 3143111005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 3143111005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 3143111005 TABLES.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 3143111005 LIST OF BAGAN.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 3143111005 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 3143111005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 3143111005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 3143111005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PPKn dalam membentuk akhlak siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 30 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 288 orang siswa. Oleh karena itu sampel dalam penelitian ini 15% dari jumlah siswa yang diambil secara acak berjumlah 44 orang siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan angket. Adapun teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana yaitu data yang dikumpulkan kemudian di analisis. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu guru PPKn memiliki peranan yang penting dalam membentuk akhlak siswa. Dari hasil perhitungan tabel frekuensi penelitian menunjukkan bahwa 56,25% peran guru PPKn dalam membentuk akhlak siswa dikategorikan dalam golongan cukup baik. Hal ini perlu dilakukan evaluasi lagi agar peran guru PPKn dalam membentuk akhlak siswa bisa tercapai maksimal. Guru PPKn memiliki peran yang sangat besar, karena tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga berperan dalam membentuk akhlak peserta didik. Agar tujuan dari pendidikan nasional dapat tercapai yaitu membentuk generasi muda yang berbudi pekerti luhur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSiregar, Rosnah195910081985112001
Call Number: SK-2018 PKN 043
Keywords: PERAN, GURU, PPKn, AKHLAK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2019 14:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/35093

Actions (login required)

View Item View Item