patuh palang nilai tujuan mengetahui menjadi belakang universita ektrakurikuler baik setia sudah latar satu serta pengaruh laku hal peserta psikomotornya sehinggga prinsip ada sumbangsih NKRI keterampilan batasi berilmu hari bagaimana beragama ditempuh segala menyelenggarakan mempegaruhi mengarah sosio tuhan perbaikan UKS tinggi pentingnya dirumuskan lubuk tersendiri demokrati moral mahasiswa diri mestinya paling sumber wujud kehidupannya tentang melaksanakan dianggap aspek maju luar mencerdaskan maha foku watak maupun mulia luhur dilakukan padapembelajaran undang kemandirian sesuai mampu termasuk bermasyarakat karena warga bermatabat bervariasi diikuti tingkah terhadap potensi wawasan 2012 tidak terjadinya cita dilaksanakan dianjurkan pembangunan ekstrakrikuler pada olahraga keterampilannya ilmu kultural beriman sosial agar dilihat seperti belajarnya tolak secara pembaca keluarga pengetahuan jam kegiatan mengikuti pramuka adapun sebuah utuk aktif bacaan ekonomi remaja pengajaran masalah ppkn adalah terjun politik budaya materi konsisten bersifat membuat cakap tetapi manfaat pendidikan budi berkepribadian akhir formal tanggung berakhlak didalam kemampuan sendiri disekolah menambah untuk terkait masyarakat kognitif jalur non perkembangan lua negeri dan mandiri kaitanya anggotanya segi mempraktikannya diinginkan berhubungan siwadalam kecerdasan pemuda tersebut esensi judul jawab ideologi medan anak muda selanjutnya bangsanya kegitan kesenian golongan ata siswa sebagaimana kepribadian rumusan fisiknya membangun program ingin menghindari berguna begitu ekterakulikuler percaya berkualita sehat keterbatasan daya kepada bahan negara sabtu ataupun menciptakan ekstrakurikuler perpustakaan nasional terlibat mebentuk peneliti kepramukaan dengan bertentangan batasan XII pencapaian merupakan pembahasan usaha kewarganegaraan memahami bekal berada berbagai tahun langsung generasi mencapai orang peran pakam hasil akan menyenangkan utama sikap diarahkan atau pelajaran dipramuka mendidik yang bangsa betujuan manusia dapat lelah mempunyai mengarahkan prose memiliki yaitu dalam beberapa lebih keadaan anggota afektif guru diharapkan peradaban penelitian tercantum memberikan mengasyikan melalui berwatak 2018 belajar sebagai kreatif dipergunakan nyata tertinggi maka sistem mental prakti pelaksanaanya berkembangnya berupa sehingga tertuli informal mengangkat permasalahan sekolah bertakwa pasal lainnya wib 2017 republik dari pukul karakter mudah susunan terdapat pembelajaran bertanggung memperoleh ekstrakulikuler mencintai itu seyogianya pembentukan bertujuan BAB fungsi haru guna teoriti oleh ujian sanggup semua menegah kuat penting aktivita rangka PENDAHULUAN disesuaikan jadwal membentuk berjiwa SMA digunakan dimiliki sampai kepentingan dasar ukur didik kela metode juga merah luasnya pandangan kurikuler keyakinan pancasila gerakan bisa mengembangkan pembejaran akademi sebagian berasal kesatuan cepat usia ajeg ini rasa berorientasi melelahkan umumnya indonesia mereka cinta setiap berfungsi adanya kehidupan pengayaan pekerti berdasarkan nantinya penuli penegak dasarnya salah esa bagi jika unsur kebutuhan 2003